BAGAIMANA KITA BERJALAN BERSAMA ROH KUDUS?

19 Aug, 2018

Bahan Bacaan
Galatia 5:16-18


Penjelasan Materi
Youthers, untuk bisa hidup berjalan bersama Roh Kudus, terlebih dahulu Roh Kudus harus ada di dalam diri kita. Sebagai orang Kristen, pada saat kita percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat, maka kita sudah dimeteraikan oleh Roh Kudus di dalam hati kita. Artinya kita sudah memiliki Roh Kudus. Kita sudah hidup bersama dengan Roh Kudus. Jadi kemana pun kita pergi dan dimanapun kita berada, Roh Kudus selalu bersama kita.

Hidup yang berjalan bersama Roh Kudus artinya hidup yang bersedia dipimpin Roh Kudus. Youthers, hal ini tidak mudah tetapi tidak juga sulit jika kita sungguh-sungguh menaruh niat. Jika kita memutuskan hidup kita dipimpin kuasa Roh Kudus maka artinya kita bersedia menaklukkan kehendak bebas yang kita miliki untuk seturut dengan kehendakNya. Sebab mustahil bagi kita hidup dipimpin Roh kudus tetapi kita selalu memaksakan kehendak kita kepada Tuhan, tetapi menjadi sangat mudah bagi Roh Kudus bekerja dalam kehidupan kita jika kita mau dibentuk dan diarahkan sesuai tuntunan Firman Tuhan. Ketika kita sudah mencapai tahap ini Youthers, maka apa yang tidak mungkin untuk kita lakukan menjadi mungkin dan dapat dilakukan karena pertolongan dan bimbingan Roh Kudus. Roh Kudus akan mengajar kita untuk hidup kudus dan berkenan di hadapan Allah.

Youthers, perlu kita ketahui bahwa melalui pengalaman hidup bersama Tuhan dalam doa dan Firman, kita akan senantiasa dipenuhi dengan Roh Kudus yang memampukan kita menjadi pelaku Firman bukan hanya sekedar pembaca atau pendengar. Selain itu, pengalaman hidup dengan sesama dan kejadian-kejadian dalam kehidupan kita juga dapat membuat kita mengerti bagaimana Roh Kudus bekerja memperbaharui hati kita hari demi hari.

Untuk dapat terus berjalan bersama Roh kudus, perhatikan langkah-langkah berikut:
- Miliki Keputusan. Memilih untuk memberi hidup dalam pimpinan Roh Kudus
- Miliki Komitmen. Konsistensi dalam menanti setiap keputusan dan didikan Roh Kudus atas hidup kita
- Miliki Upaya. Untuk melaksanakan keputusan dan komitmen tersebut, kita perlu menyangkal diri dan mematikan manusia lama
Bahan Diskusi
Langkah apa yang sudah kita lakukan agar hidpu dipimpin Roh Kudus?