SUPLEMEN COOL BULAN OKTOBER 2017 #2

11 Oct, 2017

HIDUP DALAM KEINTIMAN DENGAN YESUS (Bag.2)
Lukas 10:38-42


Catatan:
Ini adalah bagian kedua dan terakhir dari 2 (dua) bahan sharing supplement yang bersambung. Mohon membaca dan mempelajari kedua artikel ini secara menyeluruh agar mendapat gambaran besarnya. Tuhan Yesus memberkati.

Kita telah mempelajari kehidupan Marta dalam sharing kita sebelumnya. Minggu ini kita akan membahas mengenai Maria. Ini adalah pembelajaran yang sangat berharga bagi kita semua.

Minggu lalu kita kita telah belajar bahwa dalam perjalanan-Nya keliling memberitakan Kerajaan Surga dan menyerukan pertobatan sambil melakukan kebaikan-kebaikan, pada hari itu Yesus datang ke sebuah rumah yang memang suka dikunjungi-Nya. Rumah itu terletak di desa Betania dekat Yerusalem, yaitu rumah Lazarus dan kedua saudara perempuannya, yaitu Marta dan Maria, di Betania. Ketiga orang bersaudara itu dikenal sebagai sahabat dan pengikut Yesus. Kita tentunya dapat membayangkan bagaimana Yesus ramai-ramai duduk di meja makan sambil bercerita mengenai kasih Allah dan sebagainya.

Dalam kesempatan ini marilah kita menyoroti Maria dan pertumbuhan imannya.

Maria artinya adalah "kegembiraan". Dari peristiwa yang tercatat dalam Lukas 10:38-42 dan teks lainnya kita menemukan pribadi Maria sebagai berikut:

1. Memilih pribadi TUHAN sendiri
Lukas 10:42 mencatat: "tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya." Sikap yang Maria tunjukkan:
a. Maria lebih tertarik dengan pribadi TUHAN daripada pekerjaan pelayanan.
b. Ketertarikan kepada pribadi TUHAN-lah yang membuat Maria selalu mendekat dan mendengarkan perkataan-Nya.
c. Mengenal pribadi TUHAN/Firman-Nya adalah segala-galanya bagi Maria; TUHAN adalah yang terbaik bagi dirinya.
d. Yesus berkata bahwa Maria telah mengambil bagian yang terbaik, oleh karena pribadi Yesus adalah bagian yang terbaik bagi setiap orang percaya.

2. Mempersembahkan yang terbaik yang ia miliki kepada TUHAN
Yohanes 11:2 mencatat bahwa Maria ialah perempuan yang pernah meminyaki kaki TUHAN dengan minyak mur dan menyekanya dengan rambutnya (baca juga Yohanes 12:3). Apa yang membuat Maria melakukan hal ini?
a. Jamahan TUHAN dalam hidup membuat seseorang tahu yang terbaik yang harus dipersembahkan bagi TUHAN.
b. Seseorang yang tahu menghargai, akan memberi yang terbaik bagi TUHAN.
c. Maria sangat menyayangi TUHAN Yesus.

3. Kerendahan hati dengan tersungkur di kaki TUHAN
Yohanes 11:32-33 mencatat ketika Yesus tiba di lokasi dimana Lazarus dimakamkan, Maria menyambut-Nya dengan tersungkur di hadapan-Nya. Dan bukan hanya tersungkur, tetapi hati yang melekat kepada TUHAN-lah yang akhirnya menyentuh hati Kristus. Maria menyembah Yesus sebagai TUHAN, dan ia juga menyentuh hati Kristus dengan imannya. Inilah juga yang membuat Yesus tergerak dan merasakan kerendahatian Maria.

4. Penghargaan kepada TUHAN oleh karena Dia beri pengampunan dosa
Lukas 7:37-38 mencatat bahwa Maria bukanlah orang yang bersih hidupnya. Alkitab mencatat ia adalah perempuan yang berdosa. Namun TUHAN mengampuni Maria sehingga ia kini memiliki kesempatan dan pengharapan yang baru. Maria memberi penghargaan yang sangat besar kepada Yesus oleh karena pengampunan dan kasih karunia yang Ia beri. Maria menghargai anugrah keselamatan dari TUHAN.

Apakah yang TUHAN berikan kepada orang-orang yang bertindak dan berlaku seperti Maria? Markus 14:9 mencatat: "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia." TUHAN mengingat dan membanggakan apa yang diberikan kepada-Nya.

Maria melakukan yang terbaik oleh karena fokus Maria adalah pribadi Tuhan Yesus sendiri. Mari kita juga melakukan hal yang sama kepada Dia yang mengampuni kita, memberi kesempatan dan pengharapan yang baru, dan sudah begitu mengasihi kita. Amin.