KEBAIKAN

08 Jul, 2018

Bahan Bacaan
Filipi 4:5b, "..Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! "

Penjelasan Materi
Youthers, pada Minggu kedua ini, kita membahas mengenai kebaikan. Kebaikan erat kaitannya dengan kemurahan hati yang sudah kita bahas pada Minggu 1 yang lalu.

Kebaikan berasal dari kata Yunani, αγαθωσυνη - agathôsunê yang berasal dari kata sifat αγαθος - agathos yang berarti baik, bagus, berguna, dll. Youthers, lebih dalam lagi kita harus mengerti tentang arti dari kebaikan sebagai buah dari Roh Kudus ini, bukan berarti dengan memiliki kebaikan, kita menjadi orang yang pasrah, tidak tegas dan tidak berani ambil sikap terhadap sesuatu hal yang salah yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kita kembali pada asal kata Yunani Agathosune, kebaikan yang dimaksud dalam buah roh di sini mengandung unsur memperbaiki dan mendisiplin agar orang lain lebih baik. Menurut William Barclay, Agathosune berarti kebaikan dalam pengertian yang luas, yaitu "kebajikan yang tersedia dalam segala perkara". Di dalamnya terkandung unsur ketegasan dan disiplin. Barclay menjelaskan bahwa Yesus menunjukkan salah satu sikap kebaikan-Nya (agathosune), ketika Ia mengadakan pembersihan di Bait Allah serta mengusir mereka yang menjadikan tempat itu seperti pasar.

Jadi Youthers, ketika Roh Kudus menaruh buah kebaikan dalam hati kita, bukan berarti kita kompromi terhadap dosa, bukan berarti kita tidak bisa marah terhadap sesuatu yang bertentangan dengan Firman Tuhan. Sejauh sikap yang kita tunjukkan adalah untuk memperbaiki sesuatu kembali ke jalan sesuai Firman Tuhan, maka ketegasan dan "kemarahan" kita terhadap hal tidak benar juga adalah bagian dari kebaikan, selama kita mempergunakan kasih di dalamnya. Kasih orang Kristen adalah kasih yang mengusahakan kebaikan bagi orang lain. Tindakan kasih yang tidak mengandung disiplin tidak akan menghasilkan kebaikan, sebaliknya ketika tindakan kasih kita mengandung pendisplinan dan arahan yang jelas untuk hidup sesuai Firman Tuhan, maka kebaikan akan dihasilkan.

Bahan Diskusi
Dalam kehidupan sehari-hari, kebaikan seperti apa sajakah yang dapat kita berikan kepada sesama kita? Apakah kita sudah hidup dengan kebaikan? Hal apa saja yang membuat kita sulit untuk mempraktekkan kebaikan terhadap sesama?