Suplemen COOL Bulan Januari 2017 #3

17 Jan, 2017

Tahun Mujizat Penuaian

- The Year of Miracle Harvest -

Yoel 2:28-32

 

 

                  Apapun yang telah terjadi di tahun 2016 dan yang akan terjadi di tahun 2017, satu hal yang selalu harus kita pegang adalah bahwa TUHAN Yesus sangat baik dan sungguh baik pada kita.  Tak terasa sudah hampir satu bulan kita memasuki tahun 2017 ini dan sungguh kita bisa merasakan bahwa segala rancangan-rancangan yang TUHAN canangkan pada kita bukanlah rancangan kecelakan, tetapi rancangan kehidupan dan hari depan yang penuh pengharapan dan penuh berkat yang berlimpah-limpah. Amin!

 

                  Tema tahun 2017 yang diberikan TUHAN kepada kita adalah bahwa ini adalah Tahun Mujizat Penuaian (The Year of Miracle Harvest).  Berdasarkan ayat dalam Yoel 2:28-32 kita mengerti bahwa ini berbicara mengenai 5 (lima) hal, yaitu:

 

1.     Ini adalah tahun dimana Mujizat akan menghasilkan penuaian jiwa besar-besaran.

2.     Ini adalah tahun dimana Penuaian berkat akan terjadi melalui Mujizat TUHAN.

3.     Ini adalah tahun dimana kita akan banyak menuai Mujizat.

4.     Ini adalah tahun dimana kita akan menuai apa yang kita tabur.

5.     Ini adalah tahun dimana TUHAN menyatakan amarahnya (dikaitkan dengan pengertian bahwa ini juga adalah tahun Ayin Zayin. ).

 

Mungkin hal-hal tersebut sepertinya tidak masuk akal, tetapi bagi TUHAN tidak ada yang mustahil (Lukas 1:37).  Yang penting kita perhatikan di tahun 2017 ini adalah percaya, ingatlah bahwa ada harga yang harus dibayar dan perhatikan apa yang kita tabur.  Hosea 8:7 berkata, "Sebab mereka menabur angin, maka mereka akan menuai puting beliung..."  Apapun yang kita tabur, entahkah itu kebaikan atau kejahatan, sekalipun kecil seperti angin namun kita akan menuai puting beliung.  Orang yang menabur kejahatan, sekalipun kecil, maka ia akan menuai akibatnya yang besar seperti puting beliung.  Namun orang yang menabur kebaikan, yang menabur benih sambil menangis, mereka akan menuai dan pulang bersorak-sorai membawa berkas-berkas yang besar (Mazmur 126:6). Amin!

 

                  Tahun Masehi 2017 juga adalah tahun Ibrani 5777 (Ayin Zayin).  Melalui Wahyu 14:14-20, TUHAN mengingatkan kita bahwa Ayin Zayin berbicara mengenai Pedang.  Bagi Gereja, maka tahun ini juga adalah tahun pemurnian Gereja.  TUHAN mau memurnikan anak-anak-Nya agar menjadi layak dihadapan-Nya.  Ini juga tahun peperangan, baik secara rohani maupun secara literal kita saksikan banyak goncangan dan perang terjadi disana-sini.  Ini juga berbicara mengenai Penyembahan.  Itulah sebabnya TUHAN izinkan terjadi goncangan, khususnya di Indonesia, agar lebih banyak anak-anak-Nya yang memuji dan menyembah TUHAN, masuk Hadirat TUHAN.  Melalui goncangan-goncangan yang terjadi, tangan TUHAN akan turun dan melakukan mujizat-mujizat bagi kita.  Indonesia pasti mengalami mujizat-mujizat TUHAN. Amin!

 

                  Jadi apa yang harus kita lakukan sepanjang tahun 2017 ini?

 

1.     Jangan kuatir, karena Bapa di Sorga tahu apa yang kita butuhkan dan kita hadapi dalam hidup ini (Matius 25-34).

2.     Percaya bahwa tahun ini pasti lebih baik dari pada tahun sebelumnya, karena TUHAN senantiasa memperbaharui kasih dan berkat-Nya pada kita (Ratapan 3:23).

3.     Memiliki sikap hidup sebagaimana yang TUHAN kehendaki dan nyatakan di dalam Ulangan 10:12-13 supaya baik keadaan kita, yaitu:

a.      Takut akan TUHAN

b.     Hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya

c.      Mengasihi Dia

d.     Beribadah kepada TUHAN dengan segenap hati dan segenap jiwam

e.      Berpegang pada perintah dan ketetapan TUHAN

4.     Rajin membaca, merenungkan dan melakukan Firman TUHAN (Mazmur 1)

5.     Banyak berdoa, memuji dan menyembah TUHAN.  TUHAN mengingatkan bahwa doa yang dikabulkan oleh-Nya adalah karena:

·       Kita melakukan apa yang Ia perintahkan (1 Yohanes 3:22)

·       Kita menghasilkan buah dalam kehidupan kita (Yohanes 15:16)

·       Kita memuliakan TUHAN melalui kehidupan kita (1 Tawarikh 4:10)

·       Kita berdoa menurut kehendak-Nya (1 Yohanes 5:14)

 

                  Saudara-saudara anggota COOL, mari masuki tahun 2017 ini dengan sikap dan hati yang benar di hadapan TUHAN.  Mari kita menyadari bahwa kalau kita boleh ada sampai hari ini, itu semua karena Dia-lah yang telah membawa kita sejauh ini dan telah memberkati kita dengan luar biasa.  Dia selalu beserta dengan kita.  Muliakanlah Dia dengan kehidupan kita, dengan doa-pujian-penyembahan kita dan dengan melakukan apa yang Ia kehendaki.  Rasakan dan alami Mujizat Penuaian di sepanjang tahun 2017 ini. Amin!

[disadur dari khotbah Gembala Sidang, 1 Januari 2017 di Jemaat Induk Senayan]