Melakukan Yang TIDAK BIASA

08 Mar, 2018

"Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu." (Yohanes 14:12)

Albert Einstein pernah berkata, "Hanya orang gila yang mengharapkan hasil berbeda, namun selalu menerapkan cara-cara yang sama." Ya, mustahil mendapat hasil yang luar biasa, kalau Anda hanya terpaku pada cara-cara bisnis yang biasa dari tahun ke tahun. Sayangnya, tidak sedikit orang yang enggan beranjak kepada sesuatu yang baru, hanya nyaman dengan hal-hal yang biasa ia lakukan. Sebab, memang melakukan hal yang belum pernah dikerjakan, melakukan hal yang tidak biasa, yang tidak lazim, ini jelas berisiko. Namun ingat, hal itu pula yang merupakan pintu menuju sebuah keberhasilan yang lebih besar.

Lihatlah Elia, di musim kemarau ia malah melakukan hal yang gila, mempersembahkan air kepada Allah begitu limpahnya. Ya, ia tidak memberi air dalam jumlah sekedarnya, namun jumlahnya benar-benar di luar nalar. Satu buyung air itu sekitar 39,5 liter. Elia menyuruh orang memenuhi empat buyung penuh dengan air bahkan dilakukan sampai tiga kali. Bisa Anda bayangkan, bukan berapa uang yang ia habiskan untuk membeli air di zaman kekeringan itu ? "Sesudah itu ia berkata: "Penuhilah empat buyung dengan air, dan tuangkan ke atas korban bakaran dan ke atas kayu api itu!" Kemudian katanya: "Buatlah begitu untuk kedua kalinya!" Dan mereka berbuat begitu untuk kedua kalinya. Kemudian katanya: "Buatlah begitu untuk ketiga kalinya!" Dan mereka berbuat begitu untuk ketiga kalinya." (1 Raja-Raja 18:34). Hamba-Nya itu, melakukan hal yang tidak biasa, pada akhirnya ia mengalami mujizat yang tak biasa pula.

Jika Anda rindu mengalami unusual miracles, inilah hal-hal yang perlu Anda buat :

BERDOA Dengan Cara Yang TIDAK BIASA

Fiman Tuhan dalam I Tawarikh 4:10 berkata, "Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu." Doa Yabes begitu fenomenal. Tapi tahukah Anda bagaimana kondisi Yabes saat ia memanjatkan doa yang luar biasa itu ? Apakah ia tengah dihujani oleh berkat-berkat ? Kesehatannya prima ? Bisnisnya maju pesat ? Tidak. Sebaliknya, hidupnya saat itu jauh dari kata makmur dan sehat. Justru dalam tekanan, dalam kesakitan dan kesulitan, doa yang penuh kuasa, doa yang tak lazim itu lahir. Ya, kala usaha mandeg, sepi, karir seolah berjalan di tempat, naikkanlah doa, namun bukan doa yang biasa tentunya. Masuklah dalam hadirat Tuhan, niscaya Roh Kudus akan memimpin setiap kata demi kata sehingga Ia akan memampukan kita mengucapkan doa yang profetik, yang penuh kuasa. "Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya." (Yakobus 5:16B).
BERPIKIR Dengan Cara Yang TIDAK BIASA

Anda tahu dari mana mulanya bisnis Traveloka tercipta ? Ini karena pemiliknya, Ferry Unardi mampu berpikir secara berbeda. Ya, sebagai mahasiswa di Boston yang menjadi karyawan di Seattle dan sering pulang ke kampung halamannya di Padang, Ferry merasa semakin jengkel terhadap susahnya mem-booking pesawat untuk pulang karena ia selalu mengalami kesulitan memperkirakan rutenya. Saat itulah, Ferry yang saat itu berumur 23 tahun memutuskan untuk melangkah keluar dari zona nyaman dan mulai berpikir untuk berbinis. "Jika tidak ada layanan yang menawarkan apa yang Anda butuhkan, maka buatlah sendiri," begitulah pikirnya.

Ya, banyak orang berhasil di dunia ini, bukan karena mereka lebih pandai, lebih kaya, lebih berwawasan, namun mereka menuai hal tak biasa karena lebih kreatif. Maka, semakin lekatkanlah diri kita kepada Sang Creator itu, Tuhan, maka niscaya hidup kita tak akan pernah kering dari ide-ide sehingga Anda dan saya akan selalu dimampukan untuk berpikir berbeda dari kebanyakan orang, think out the box. "Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian." (Amsal 2:6)

BEKERJA Dengan Cara yang TIDAK BIASA

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk mengalami mujizat yang tidak biasa adalah dengan melakukan hal-hal yang tidak biasa pula. Sayangnya, ada saja orang yang berpikir konyol, mau mendapat hal berbeda, tetapi melakukan hal yang sama. Menabur sama banyaknya di tahun kemarin, memiliki gaya hidup yang tak jauh berbeda dari masa-masa yang lalu. Jika itu yang masih kita kerjakan, jangan heran hasilnya akan tetap sama. Ya, jika Anda melakukan apa yang biasa Anda lakukan, Anda akan mendapatkan apa yang biasa Anda dapatkan.

Dalam dunia startup, dikenal adanya istilah "pivot", yang mengacu pada perubahan arah dan strategi utama perusahaan secara radikal. Pivot yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan besar di awal perjalanan mereka, tak disangka mengantarkan mereka ke puncak kejayaan. Ada beberapa perusahaan dengan kebijakan 'banting stir' alias pivot yang cukup dramatis diantaranya adalah Youtube. Mulanya Youtube didesain sebagai situs kencan online. Mitsubishi awalnya didirikan sebagai perusahaan pengapalan. Kawasaki dulu adalah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. Mereka semua berinovasi dan Anda tahu hasilnya. Karena itu, jangan ragu melakukan perubahan atau langkah-langkah secara radikal, secara tak biasa sebab yang menyertai Anda adalah pribadi yang tak terbatas. (Yohanes 3:34).

Bahkan dikatakan dalam Kisah Para Rasul 19:11-12, "Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa, bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat." Ya, orang-orang percaya di zaman para rasul pun membuat mujizat yang luar biasa dengan saputangan rasul Paulus, sebuah hal yang tak lazim, sebuah metode yang belum pernah dipakai siapa pun sebelumnya, namun oleh kuasa Tuhan, mujizat terjadi.
Membangun KEBIASAAN Yang TIDAK BIASA

Last but not least, bangunlah kebiasaan yang tidak biasa. Dulu John Wesley sama sekali tidak peduli dengan orang. Namun sejak melihat pelayannya hidup susah, sementara ia bergelimang harta, ia putuskan membangun kebiasaan baru yakni memberi untuk sesama. Mula-mula, ia memberi 2 Poundsterling dari gajinya yang berjumlah 30 Poundsterling. Lama-lama, gajinya meningkat menjadi 60 sampai 90 Poundsterling. Namun gaya hidupnya tak berubah, ia tetap bertahan dengan 28 Poundstreling, sisanya ia berikan untuk sesama. Hasilnya ? Pelayanannya berkembang dengan pesatnya. "Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan." (Amsal 11:24)

Pro & Biz, lakukanlah langkah-langkah di atas dan bersiaplah menerima mujizat yang tak biasa di musim ini. (JSW/IS)

JIKA ANDA PUNYA TUHAN YANG LUAR BIASA
MENGAPA ANDA HANYA MELAKUKAN HAL-HAL YANG BIASA ?