PERKENANAN TUHAN

08 May, 2017

"Sebab Allah berfirman: "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau." Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu."

- 2 Korintus 6:2 -

PENDAHULUAN
Umas, hari-hari ini merupakan hari perkenanan Tuhan, yang mana Tuhan sedang memberi kesempatan kepada kita semua untuk hidup sungguh-sungguh dan semakin melekat kepadaNya. Firman Tuhan dalam 1 Korintus 2:9 yang berkata : "Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." Orang yang mengasihi Tuhan mendapatkan perkenanan Tuhan.

ISI
Umas, Agar setiap kita mendapatkan perkenanan Tuhan maka ada yang perlu kita lakukan dalam kehidupan kita. Yaitu :

1. Hidup Dalam Firman Tuhan dan Roh Kudus
Umas, 2 Timotius 3:16 berkata : "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Orang yang hidup dalam firman Tuhan akan dibentuk kehidupannya sehingga menjadi pribadi yang berkenan pada Tuhan. Saat ia intim dengan firmanNya maka Roh Kudus pun akan memampukan ia untuk menghidupi segala kebenaranNya sehingga orang yang hidup oleh Roh Kudus tidak akan menuruti keinginan dagingnya (galatia 5 :16) dan melalui semua itu maka perkenanan Tuhan ada dalam hidup kita.

2. Memuliakan Tuhan Dengan Tubuh Kita (1 Korintus 6:19-20)
Umas, hidup adalah perjuangan. Saat kita rindu untuk terus berkenan kepada Tuhan maka akan ada tantangannya. Saat kita melihat orang membuat kita jengkel, maka terkadang mulut kita diuji untuk mengeluarkan perkataan yang positif atau negatif, bahkan sikap, wajah ataupun perlakuan kita bisa berubah. Disinilah Tuhan mau agar kita memuliakan Tuhan dengan segala anggota tubuh kita dari ujung kepala sampai ujung kaki kita. Tuhan mau kita melakukan kebenaran firmanNya. Mari pakailah anggota tubuh kita sebagai senjata kebenaran (Roma 6:13) sehingga kehidupan kita dapat berkenan dihadapanNya.

3. Memuliakan Tuhan dengan Hati (Amsal 4:23)
Umas, hati merupakan pusat kehidupan kita. Saat kita senang, sedih, marah semua akan terlihat. Apakah yang ingin kita pancarkan dari hati kita? pasti yang berkenan pada Tuhan yang mau kita pancarkan. Umas, hidup ini memang tidak mudah, namun saat kita hidup dipimpin oleh Roh Kudus maka Ia akan memampukan kita untuk melakukan firmanNya. Kita bisa memuliakan Tuhan dengan tubuh kita. Walau kita sedih, atau marah kita bisa menjaga hati, kita bisa tetap bersyukur, tetap sabar dan tetap memiliki damai sejahteraNya. Umas, inilah yang Tuhan rindukan, saat kita memuliakan Tuhan dengan hati kita, Ia pun berkenan atas hidup kita.

PENUTUP
Umas, hiduplah selalu dalam perkenanan Tuhan, itu yang akan membawa hidup kita semakin bertumbuh dan mengenal pribadiNya. Lakukan ketiga hal diatas, hidup dalam firman Tuhan dan Roh Kudus, Memuliakan Tuhan dengan tubuh dan hati kita. Lihatlah perkenanan Tuhan senantiasa ada di dalam seluruh kehidupan kita.

Tuhan Yesus Memberkati