DINAMIKA MARKETPLACE DALAM GELOMBANG PENTAKOSTA

09 Jul, 2017

"Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia"
"Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi"
Yoel 2 : 28-30

Di masa Perjanjian Lama, Roh Allah hanya dicurahkan atas nabi atau orang-orang tertentu saja. Ketika Roh itu dicurahkan atas diri seseorang, sesuatu yang luar biasa terjadi, bukan hanya nabi-nabi bernubuat, tetapi juga:
- Aholiab dan Bezaleel dipenuhi dengan keahlian dan pengertian dan pengetahuan dalam segala macam pekerjaan.
(Keluaran 31:1-3)
- Daniel dipenuhi dengan pengetahuan dan hikmat untuk menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi dan menguraikan
berbagai kekusutan. (Daniel 5:12)

Bila Roh Allah itu tercurah atas seseorang, ternyata bukan hanya berdampak secara rohani bagi orang yang bersangkutan, tetapi juga berdampak kinerja seseorang dalam dunia kerja. Dapatkah Anda bayangkan bila Roh Allah dicurahkan - secara massal - atas "semua manusia"? Itulah yang terjadi di masa Pentakosta!

Pencurahan Roh Allah secara massal atas manusia itu, secara perspektif terjadi dalam 3 gelombang besar.

- Yang Pertama, terjadi di abad pertama, yakni ke atas sejumlah murid Kristus yang sedang sehati berdoa di sebuah kamar loteng di Yerusalem. peristiwa itu tercatat dalam Kisah Para Rasul, dan dapat kita sebut sebagai ‘Pentakosta Pertama'.

- Yang Kedua, terjadi di Azusa Street pada awal abad ke-20, yang kemudian diikuti dengan berkembangnya Gerakan Pentakosta, Inilah ‘Pentakosta ke-2'.
Kemudian, secara profetik kita percaya, menjelang kedatangan Kristus kembali, akan terjadi gelombang besar pencurahan Roh Allah, dalam intensitas yang lebih besar. Sesungguhnya kita akan dan sedang mengalami ‘Pentakosta ke-3'. Setiap gelombang besar pencurahan Roh Allah itu, selalu ditandai dengan:
- Terjadinya kebangunan rohani yang besar, - Dan secara paralel - terjadi dinamika yang luar biasa atas dunia kerja.
- Terjadinya goncangan yang dibarengi dengan mujizat dan tuaian jiwa, yakni terjadinya pertobatan secara masif di mana
banyak orang berpaling kepada Kristus.

Mari kita pelajari karakteristik gelombang-gelombang besar REVIVAL itu, dan siap berselancar di atas gelombang besar-Nya:

GELOMBANG KE-1:
Inilah yang terjadi di masa Pentakosta yang pertama. Tidak ada kitab lain - selain Kisah Para Rasul - yang dipenuhi dengan catatan tentang dinamika yang terjadi di marketplace setelah Roh Kudus dicurahkan.
Sebut saja:
- Paulus, Priskila dan Akwila pebisnis pembuat tenda,
- Lukas yang berprofesi sebagai dokter,
- Lidya produsen garment kain ungu,
- Dorkas perancang busana,
- Simon penyamak kulit, dan lain-lain.
Roh Kudus memenuhi mereka, dan melalui jaringan "professional and business people" (Pro & Biz) dalam waktu singkat 70% dari ‘dunia' yang dikenal pada waktu itu, menjadi pengikut Kristus. Namun, sayang sekali, sejarah mencatat, tiga ratus tahun setelah itu, sejak Kaisar Konstantin (kaisar Romawi pertama yang memeluk agama Kristen) mengumumkan kekristenan sebagai agama resmi negara, kekristenan justru menurun dan Gereja memasuki "dark ages" (masa kegelapan). Berabad-abad manifestasi Roh Kudus menjadi hal yang sangat jarang
dan langka.

GELOMBANG KE-2:
Setelah Gereja Tuhan mengalami pemulihan demi pemulihan sejak reformasi Martin Luther pencurahan Roh Kudus secara besar-besaran terjadi lagi di awal abad ke-20. Di marketplace, Jeremiah Lanphier - seorang pelaku dunia kerja - yang memimpin kegerakan doa di antara jam kerja, di tengah situasi goncangan krisis pada masa itu, terjadilah kegerakan doa di mana-mana yang merindukan revival terjadi lagi.

Pada tahun 1906 di Jalan Azusa di tengah Kota Los Angeles ketika orang-orang percaya tengah berkumpul dan berdoa di sebuah gudang, fenomena pencurahan Roh Kudus terjadi. Kebangunan rohani yang pada saat itu dipimpin oleh William Seymour, menjalar ke seluruh dunia, dan diakui sebagai cikal bakal lahirnya kegerakan Pentakosta.
Menarik untuk dicermati dari sisi marketplace, terjadi penemuan-penemuan spektakuler yang mengubah peradaban manusia. Mulai dari penemuan penicillin, sampai pendaratan manusia ke permukaan bulan. Albert Einstein ilmuwan yang semula dikira atheis, membuat pengakuan tentang Kristus (Saturday Evening Post, 26 Oktober 1929).

Berbicara tentang penuaian jiwa di masa itu, 30% dari populasi christianity saat itu, lahir dari revival ini. Tahun 1951 lahir FGBMFI (Full Gospel Businessmen's Fellowship International) yang menjadi berkat bagi Tubuh Kristus. Demos Shakarian, pendiri FGBMFI berkata bahwa marketplace akan sekali lagi mengalami kebangunan rohani yang besar, menjelang waktu kedatangan-Nya.

GELOMBANG KE-3:
Sesungguhnya, kita sedang berada di dalam deru gelombang ini. Sementara masyarakat dunia digoncang dengan krisis ekonomi berkepanjangan dan pengamat ekonomi berdebar-debar akan datangnya suatu tsunami bencana ekonomi yang mereka sebut "financial collapse part-3", -dengan perspektif iman - kita justru menantikan datangnya gelombang besar revival, Pentakosta ke-3. Kalau Pentakosta yang pertama dan kedua itu luar biasa dahsyat, apalagi Pentakosta yang ketiga.

William Seymour + 100 tahun yang lalu pernah bernubuat, "100 tahun lagi (berarti hari-hari ini) Roh Kudus akan dicurahkan double portion!" Dia juga melihat bahwa akan muncul generasi yang akan dipakai Tuhan untuk membawa tuaian yang banyak. Untuk siap berselancar dalam gelombang ke-3 yang semakin besar, kita perlu belajar dari dua gelombang besar revival sebelumnya, di mana marketplace ada di dalamnya:

1. Bertekun Dengan Sehati Dalam Doa Bersama-sama
Tingkatkan kualitas dan kuantitas DOA kita. Perhatikan, tidak pernah ada revival lebur tanpa kegerakan doa. Hadirilah menara-menara doa, dan bangunlah hadirat TUHAN
on the spot di tempat kerja kita. Bersiaplah, karena hadirat-Nya itu akan memampukan kita. Karena, hanya mereka yang dapat berlutut di hadapan-Nya akan mampu berdiri di tengah goncangan. Hadirat Tuhan akan menciptakan kondisi sehingga Roh Kudus dapat menginspirasikan kepada kita ide-ide kreatif dan terobosan-terobosan yang belum pernah ada sebelumnya.

2. Siap Dimurnikan Dalam Hal Keuangan
Dalam Kisah Para Rasul terjadi peristiwa penting tentang Yudas yang digantikan oleh Matias, pula tentang apa yang terjadi atas Ananias dan Safira. Ini berbicara tentang pemurnian dalam hal keuangan. Pastikan Anda hidup benar dalam hal yang satu ini, karena revival dan pemurnian harus berjalan bersama-sama.

3. Terlibat Dalam Penuaian Jiwa
Jangan waktu kita terkuras habis hanya untuk pencapaian kerja, kerja dan kerja. Mulailah berdoa untuk keselamatan jiwa-jiwa. Bergabunglah dengan komunitas yangmemiliki passion yang sama dan terlibatlah dalam penuaian jiwa, karena ini adalah gelombang terbesar dan terakhir. Selamat datang, the last and the greatest revival! (JSW)

Quote:
"Hanya mereka yang dapat berlutut di hadapan-Nya,
yang akan mampu berdiri di tengah goncangan."