APA TANDA ORANG YANG DIPIMPIN OLEH ROH KUDUS

15 Dec, 2019

"Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Kisah 1 : 8).

Sebagai umat Tuhan atau sebagai anak-anak Tuhan sering kali kita melalaikan tugas kita yang paling penting. Kita berpikir bahwa apabila kita telah terlibat dalam berbagai pelayanan di gereja itu sudah cukup. Padahal ada suatu tugas yang sangat mendasar yang harus kita lakukan, yakni pergi menjadi saksi Kristus. Bersaksi bagi Kristus adalah panggilan bagi semua orang percaya. Bersaksi bagi Kristus adalah Tanda bagi orang yang dipimpin oleh Roh Kudus. Kapan pun dan dimanapun, anak-anak Tuhan haruslah menjadi saksi, bagaimana Tuhan sudah membawa kita kepada pengenalan akan Dia.

Bersaksi bagi Kristus, dalam hal yang sederhana dapat kita lakukan dengan berbagai hal, antara lain:
~ Menceritakan bagaimana Tuhan telah bekerja dalam diri kita sehingga kita mengenal Tuhan dan mengenal keselamatan-Nya. Berita tentang keselamatan yang telah kita terima dari Yesus Kristus, adalah hal yang layak dan penting diceritakan kepada semua orang, khususnya mereka yang belum mengenal dan menerima keselamatan. Tujuannya ialah agar banyak orang yang percaya dan diselamatkan oleh Kristus.

~ Menyaksikan perubahan hidup yang kita alami karena kerja kuasa Roh Kudus.
Menjadi saksi bukan hanya dengan perkataan semata tetapi harus melalui kehidupan kita secara nyata. Jadi, orang lain dapat melihat kehidupan Kristus itu nyata dalam kehidupan kita setiap hari. Kalau kita berani jujur, kita melihat bahwa masih banyak orang Kristen yang hidupnya tidak menjadi saksi yang baik bagi orang lain. Bahkan mungkin kita sendiri.

Jika kita memperhatikan para rasul yang menjadi saksi-Nya, hal yang besar dan prinsip mereka lakukan ialah memperlihatkan bagaimana hidup mereka mengalami perubahan.
Misalnya Simon Petrus mengalami perubahan dari seorang yang takut dan pengecut menjadi pemberani; dan tidak pernah takut tentang apa yang akan dia hadapi. Perubahan hidup; apalagi jika hal itu sesuatu yang spektakuler berasal dari Roh Kudus, akan menjadi sangat "power full" bagi semua orang yang mendengarnya.

~ Mengajarkan Firman Tuhan yang telah merubah kehidupan kita.
Untuk banyak hal, dan dalam berbagai kesempatan mengajarkan Firman Tuhan adalah sarana efektif untuk bersaksi.
Apalagi jika hal ini dibarengi dengan keteladanan hidup dan menjadi contoh dalam berbagai perilaku. Kesaksian bukan sekedar mengatakan atau menceritakannya melainkan bagaimana melaluinya kita menjadi berkat bagi banyak orang.

Mungkin yang paling penting, kita harus cukup akrab bergaul dengan Alkitab sehingga kita dapat menyajikan Firman Allah secara akurat dan jelas kepada orang lain.

"Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu" (1 Petrus 3:15).

Selalu siap sedia berarti kita harus mempelajari Alkitab dengan rajin, membaca Alkitab, menghafal Alkitab, dan berdoa untuk kesempatan yang diberikan Allah agar bisa berbagi dengan orang-orang yang hatinya telah dipersiapkan oleh Dia untuk mendengarkan pesan keselamatan-Nya.

"Tugas menjadi saksi Kristus adalah tugas semua orang percaya"
Kalau hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus maka kita akan terus dipenuhi dengan kuasa-Nya yang mampu menjadikan kita saksi-saksi-Nya yang efektif.

Seorang petani jagung yang sukses selalu berhasil menjadi juara pada kompetisi hasil pertanian di wilayahnya. Banyak orang bertanya, apa rahasia di balik keberhasilannya. Ternyata sipetani selalu membagikan benih unggul jagungnya kepada para tetangganya. Sehingga mereka turut menanam benih yang baik dan unggul tersebut . Ketika musim penyerbukan berlangsung serangga membawa serbuk sari yang unggul dari ladang para tetangga ke ladang jagungnya.

Hasilnya, panen jagung si petani tetap terjaga keunggulannya.
Milikilah karakter dan kesaksian hidup yang baik, bagikanlah kepada orang lain. Tabur dan tanamlah benih-benih unggul. Pelihara dan kembangkan benih-benih karakter dan kesaksian hidup yang berkualitas. Ia akan menghasilkan buah yang lebat pada waktunya dan terus-menerus berlipat ganda. Dan pada akhirnya akan membawa manfaat bagi kita dan sesama. (AH)