APAKAH KITA MELAYANI DENGAN KASIH MULA-MULA ITU?

23 Aug, 2021

Bahan Bacaan
Roma 14 : 8, Galatia 2 : 20
Penjelasan Materi
Youths, Jemaat di Efesus dalam bahan bacaan kita sebelumnya di Wahyu 2:4 pun telah kehilangan kasih mula-mula yang menyangkut dua aspek, pertama kasih persaudaraan, dan kedua, kasih kepada Allah.
Perlu kita ketahui Youths, kegagalan Jemaat Efesus adalah karena mereka kehilangan kasih yang semula dalam kasih persaudaraannya, sehingga terjadi sikap suka-mencela satu sama lain, dan terpecah-pecah dalam jemaat. Dan dalam kehidupan pelayanan dan kerohanian merekapun kasih mula-mula kepada Tuhan telah hilang. Mereka memang melakukan perbuatan baik dan seolah mejadi pelaku Firman, akan tetapi motivasi dan tujuan perbuatan baik mereka mungkin saja untuk reputasi pribadi, kedudukan, status, dan bukan karena mengasihi Tuhan.
Mungkin kita berkata, "Aku mengasihi Tuhan kok, dan saat ini aku melayani dengan kasih kepada Tuhan kok". Youths, tanyakanlah pada diri kita kualitas kasih yang bagaimanakah yang ada dalam hati kita saat ini buat Tuhan? Apakah tingkat kualitas kasih kita kepadaNya adalah kasih yang egois? Artinya yang jarang bertanya ke Tuhan tentang kehendak-Nya dalam setiap rencana atau langkah, melainkan akan langsung minta Tuhan memberkati. Jarang juga membahas apa yang harus dilakukan untuk melayani Tuhan tapi langsung bertindak sesuka hati? Ataukah tingkat kualitas kasih yang kedua adalah kasih bersyarat? Yang motivasi melayani hanya karena mau diberkati? Youths, yang Tuhan kehendaki adalah kita memiliki tingkat kualitas kasih yang tidak egois, yaitu yang tidak mementingkan diri sendiri, tidak ada embel-embel lain.
Youths, mari renungkan bagaimana keadaan kita hari-hari ini, jika kita, memiliki kasih mula-mula kita pasti akan berkata, "Jika aku hidup, aku hidup untuk Tuhan. Dan jika aku mati, aku mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, aku adalah milik Tuhan" (Rm 14 : 8). "Aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku" (Gal. 2 : 20). Jika saat ini kita sedang terlibat melayani tanpa kasih mula mula itu, maka ingatlah betapa dalamnya kita telah jatuh, maka berbaliklah, sadarilah kita sudah salah jalan, berdoalah, minta pegampunan dan tuntunanNya agar kita kembali kepada kasih mula-mula itu, dan lakukanlah kembali apa yang semula kita lakukan saat kita "jatuh cinta kali pertama denganNya"
Bahan Diskusi: Akuilah di hadapan Tuhan jika kita sudah telah jatuh, berdoalah agar Tuhan mengembalikan kita pada kasihNya yang semula, mulailah kembali melayani dengan kasih mula-mula

GBI Jalan Jend Gatot Subroto