BERGAUL KARIB DENGAN TUHAN

03 Jan, 2022

"TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka"
-Mazmur 25:14-

PENDAHULUAN
Umas kita sudah dengar bahwa kedatangan Tuhan Yesus akan segera datang, marilah kita mempersiapkan diri kita. Bersiap-siap berarti semakin taat, semakin sungguh-sungguh, semakin rajin untuk membaca firman Tuhan dan merenungkan firman Tuhan, melayani Tuhan serta menjadi berkat bagi sesama, semakin bersemangat dan berapi-api kerinduannya kepada Tuhan.

ISI
Bagaimana caranya agar kita dapat bergaul karib dengan Tuhan ?

Mata kita harus tertuju pada Tuhan (Mazmur 25:15)
Umas arahkan pandangan kita hanya kepada Tuhan Yesus, memang pastinya disekitar kita akan ada banyak yang membuat kita menjadi tidak fokus kepada Tuhan yaitu seperti adanya masalah dengan kesehatan kita, masalah dengan anak, dengan saudara ataupun dengan orang lain, namun saat kita komitmen untuk fokus pada Tuhan maka akan bisa bergaul karib dengan Tuhan, memusatkan perhatian kita pada Tuhan memang tidak mudah, ada harga yang perlu kita bayar, yaitu mematikan ego atau kedagingan kita sendiri. Aku senantiasa memandang kepada Tuhan, karena Ia berdiri di sebelah kananku aku tidak goyah (Mazmur 16:8)

Hidup yang bergantung pada Tuhan (Mazmur 25:16-17)
Umas, kita harus sadar bahwa hidup yang kita jalani saat ini adalah anugrah Tuhan, janganlah kita hidup seturut dengan apa yang kita mau saja, kita harus belajar hidup mengandalkan Tuhan (Yeremia 17:7-8), dengan mengandalkan Tuhan maka kita akan seperti pohon yang terpelihara, yang tidak kering dan menjadi pohon yang terus berbuah. Bergantung pada Tuhan membuat hidup umas tenang, ada damai sejahtera dan kita jadi berkat bagi orang lain.

Mengakui dosa (Mazmur 25:18)
Umas, kita tahu bahwa dosa adalah penghambat doa dan hubungan karib dengan Tuhan (Yesaya 59:1-2), oleh sebab itu marilah kita selesaikan dosa yang menghalangi kita, akui dihadapan Tuhan, mari kita bertobat dan hidup seturut kehendak Tuhan.

Hati yang tulus dan jujur (Mazmur 25:21)
Umas, orang yang menantikan Tuhan adalah bukti dari seorang yang bergaul karib dengan Tuhan, orang yang bergaul karib dengan Tuhan akan memiliki hati yang tulus dan jujur, karena untuk membangun hubungan yang baik kita memerlukan ke dua hal ini, mari umas hiasi hati kita dengan ketulusan dan kejujuran dalam mengasihi Tuhan.

PENUTUP
Umas, orang yang bergaul karib dengan Tuhan pastinya akan selalu mempunyai mata yang tertuju kepada Tuhan dan juga selalu hidup bergantung dengan Tuhan, mengakui segala dosanya, hatinya tulus dan jujur, selalu mengasihi dan menantikan Tuhan, miliki hal tsb. Jadilah umas yang selalu bergaul karib dengan Tuhan, nikmatilah kasih karuniaNya sampai kedatangan Tuhan Yesus yang ke 2 kalinya, sampai Ia menjemput kita semua.

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto