BERJALAN MENGIKUTI KEGERAKAN TUHAN DI TAHUN YANG BARU

10 Feb, 2019

Tahun 2019 adalah Tahun Kelahiran yang Baru, tahun dimana begitu banyak janji Tuhan yang luar biasa bukan hanya untuk masing-masing pribadi jemaat, tapi untuk Indonesia, untuk generasi Yeremia bahkan untuk bangsa-bangsa.
Puji Tuhan, disaat sebagian besar orang bingung, bimbang dan mencari arah kemana tahun 2019 ini akan bergerak, kita yang berada didalam naungan GBI Jl. Jend. Gatot Subroto telah diberikan Tuhan tuntunan yang jelas dan spesifik melalui Gembala Jemaat Induk/Gembala Pembina kita Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo.
Sekarang tinggal bagaimana kita meresponi janji dan perintah Tuhan bagi kita dalam melangkah dan bergerak di tahun 2019. Dalam sebuah kesempatan, Ka. Sub Div Profetik, Pdt. Kristina N. Faraknimella menyampaikan bahwa gerakan kita harus searah, harus bersama-sama sehingga kita dapat menerima penggenapan janji Tuhan yang dahsyat ini bersama-sama.
4 (empat) hal yang harus menjadi perhatian kita dalam bergerak di tahun 2019 ini :
a. Pentakosta Ketiga.
Inilah era dimana Roh Kudus dicurahkan dengan luar biasa. Karena ini merupakan hal yang sangat penting dan luarbiasa, untuk kita harus memahami betul mengenai apa itu Pentakosta Ketiga dan mengapa istilah Pentakosta Ketiga diberikan TUHAN kepada Gembala kita. Dan jangan lupa agar dimanapun kita berada, kita adalah pembawa pesan Pentakosta Ketiga (The Messenger of The Third Pentecost) beritakanlah bahwa Pentakosta Ketiga sudah dimulai, mari kita lakukan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus.
b. Membangkitkan generasi Yeremia.
Dalam era Pentakosta Ketiga ini ada keistimewaan yang TUHAN berikan untuk anak-anak muda (Yoel 2:28-29). Gembala Pembina memberikan definisi yang lengkap tentang apa itu Generasi Yeremia, yakni anak-anak muda dari Generasi Milenial yang akan dipakai Tuhan secara luar biasa, mereka akan berbicara hal-hal yang tidak populer pada jaman ini : mereka akan berani menegor tentang free sex, LGBTIQ, drugs, fokus hidup yang hanya tertuju pada keinginan untuk sukses yang diukur dari materi. Bangkitkan anak-anak kita, kerabat, keluarga, jemaat yang merupakan generasi muda menjadi Generasi Yeremia yang siap dipakai Tuhan Yesus dengan dahsyat.
"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa." Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda." Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapa pun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apa pun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan. Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN."
(Yeremia 1:5-8)
c. Groaning Prayer.
Groaning Prayer adalah doa yang mengerang seperti orang yang sakit bersalin. Berdoa untuk keselamatan jiwa-jiwa, berdoa untuk Indonesia, dimana Tahun 2019 ini Indonesia merayakan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin nasional serta para anggota legislatif yang akan memimpin dan membuat kebijakan untuk bangsa ini 5 (lima) tahun kedepan.
"Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran." (1 Tim 2:1-4)
d. Karakter kita harus menjadi seperti Karakter Kristus.
Kita dipengaruhi dan menjadi serupa dengan siapa kita bergaul, seperti yang diutarakan dalam Amsal 13:20 "Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang." Untuk dapat menjadi seperti Kristus, salah satunya kita harus bergaul karib dengan Tuhan Yesus. Karenanya, jadikan penyembahan dan keintiman kepada Tuhan Yesus sebagai gaya hidup kita.
Mari kita berjalan mengikuti kegerakan Tuhan di tahun 2019 dengan memperhatikan keempat hal diatas. Tuhan Yesus memberkati (DL)