BERSIAP MELAKUKAN PEKERJAAN BESAR

12 Jun, 2021

"Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui." (Yeremia 33:3)

Gembala Pembina menyampaikan bahwa beliau terus berseru dalam doa, meminta Tuhan membukakan hal-hal yang besar. Beliau juga menyampaikan bahwa imannya sedang dibajak, supaya memiliki iman yang lebih besar lagi untuk melakukan hal-hal yang lebih besar. Yang dimaksud dengan ‘pekerjaan' tidak hanya mencakup mukjizat tetapi juga pertobatan dari orang-orang yang dilayani dan penyelesaian amanat agung.

Janji Tuhan kepada setiap percaya yaitu :
"Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa." (Yoh. 14:12).

Apa saja yang harus kita lakukan untuk menerima kepercayaan dari Tuhan untuk mengerjakan hal-hal besar di akhir jaman sebelum Yesus datang kembali. Maka kita harus memiliki:

Iman yang bertumbuh
Kata "Percaya" ayat 11 di ulangi lagi pada ayat 12, hal ini sangat ditekankan oleh Tuhan Yesus kepada Murid-murid-Nya. Jelas bahwa orang beriman, bukan sekedar percaya pada segala sesuatu yang dikatakan oleh Kitab Suci tentang Yesus dan namun juga percaya harus kepada pribadi Yesus, untuk melakukan perkara yang besar. Pekerjaan yang Yesus lakukan adalah projek dari Bapa yang harus di lanjutkan oleh para murid (orang percaya) sampai seluruh rencana Allah di genapi bagi dunia ini yaitu penyelesaian amanat agung.
Iman yang bertumbuh bukanlah iman yang egois hanya memikirkan keselamatan diri sendiri, melainkan harus menjadi murid yang bergerak dan tergerak menjangkau jiwa-jiwa yang belum mengenal Yesus agar mereka percaya dan diselamatkan. Inilah yang Yesus kehendaki bagi setiap orang percaya.

Hati Meminta (berdoa) sesuai kehendak Bapa
"dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya." (Yoh. 14:13-14).

Frase "Apa juga" ini berhubungan dengan Pekerjaan Besar (ay. 12). ayat ini menjanjikan pengabulan doa permintaan dari kita. Namun, Allah hanya mengabulkan permintaan kita kalau permintaan itu:
Baik dalam pandangan Allah.
Sesuai dengan kehendak Allah.
Sebagai orang percaya jangan hanya berdoa untuk meminta hal-hal terkait kepentingan pribadi. Melainkan juga untuk kepentingan Kerajaan Allah. Dengan demikian maka apa saja yang kita minta, akan Tuhan berikan untuk kemuliaan Nama-Nya.

Dipimpin oleh Roh Kudus
Yesus tidak meninggalkan kita sebagai yatim piatu, tetapi mengirim Roh Kudus berdiam dalam setiap orang percaya (Yoh. 14:17-18), serta memenuhi orang percaya dengan otoritas dan kuasa (Kis 1:8; 2:1-4) untuk melakukan seluruh perintah Yesus dan pekerjaan Allah yang besar. Roh Kudus memberikan kuasa bagi setiap orang percaya untuk menjadi saksi Yesus bagi keselamatan Dunia (Kis. 1:18). Roh Kudus mengajarkan dan mengingatkan kita akan Firman Tuhan yang pernah kita dengar dan terima selama ini, baik dalam perenungan pribadi maupun dari persekutuan ibadah yang kita lakukan (Yoh. 14:26).
Jadi, sebelum kita mempersiapkan jalan bagi Raja kemuliaan datang kembali yang kedua kali, maka kita harus memilliki 3 hal ini untuk mempersiapkan diri kita bagi pekerjaan besar Allah yaitu miliki iman yang bertumbuh, hati yang meminta (berdoa) sesuai kehendak Tuhan dan selalu dipimpin oleh Roh Kudus Setiap Hari. Tuhan akan mempercayakan pekerjaan-pekerjan besar dari Bapa. (DS/DL)

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto