SUPLEMEN COOL FEBRUARI 2017 #1

03 Feb, 2017

Minggu 1
MEMPERBAIKI MEZBAH TUHAN

Bahan Bacaan
1 Raja-raja 18:30-34, “ Kata Elia kepada seluruh rakyat itu:”Datanglah dekat kepadaku!” Maka mendekatlah seluruh rakyat itu kepadanya. Lalu ia memperbaiki mezbah TUHAN yang telah diruntuhkan itu. Kemudian Elia mengambil dua belas batu, menurut jumlah suku keturunan Yakub.– Kepada Yakub ini telah datang firman TUHAN:”Engkau akan bernama Israel.”– Ia mendirikan batu- batu itu menjadi mezbah demi nama TUHAN dan membuat suatu parit sekeliling mezbah itu yang dapat memuat dua sukat benih..”

Penjelasan Materi
Youthers, mari kita ingat kembali kisah Nabi Elia yang menantang Nabi-Nabi Baal dalam perikop Elia di Gunung Karmel yang tercatat di 1 Raja-raja 18:19-46. Kisah ini akan mengingatkan kita bagaimana Nabi Elia memberikan teladan hidup kepada bangsa Israel untuk memperbaiki mezbah Tuhan.

Youthers, dalam perikop ini diceritakan bahwa pada zaman pemerintahan Raja Ahab atas Kerajaan Utara (Israel), kehidupan umat Israel jauh dari Tuhan dan hidup dalam penyembah berhala terhadap dewa Baal dan Asyera. Ketika itu Nabi Elia itu diutus oleh Tuhan untuk menantang 450 nabi Baal dan 400 nabi Asyera di Gunung Karmel (Baca 1 Raj. 18:19). Bentuk tantangannya adalah barang siapa yang bisa mengirimkan api dari langit dan membakar lembu korban persembahan, maka dialah Allah yang hidup,

Allah yang sejati. Para Nabi Baal yang diberi kesempatan lebih dulu mulai berseru kepada dewa Baal, tetapi tidak ada jawaban. Bahkan mereka mulai menoreh diri mereka dengan pedang dan tombak, seperti kebiasaan mereka saat beribadah kepada dewa Baal, sampai mereka kerasukan, namun tetap tidak ada suara, tidak ada yang menjawab (Baca:1 Raja 18:25-29).

Nah Youthers, ketika tiba giliran Elia, ia pun berseru kepada TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Yakub, dan Ia pun menjawab dengan api dari langit yang menyambar habis korban persembahan Elia. Akhirnya umat Israel sadar, bahwa TUHAN-lah Allah yang hidup. Mereka pun akhirnya berseru, “TUHAN,

Dialah Allah! TUHAN, Dialah Allah!” (Baca: 1 Raja 18:39) Dari perikop yang kita baca hari ini, kita dapat memahami satu hal Youthers, yaitu bagaimana Elia telah memperbaiki mezbah Tuhan (1 Raja-raja 18:30-34, “ Kata Elia kepada seluruh rakyat itu:”Datanglah dekat kepadaku!” Maka mendekatlah seluruh rakyat itu kepadanya. Lalu ia memperbaiki mezbah TUHAN yang telah diruntuhkan itu....) Ia membangun hubungan kembali dengan Tuhan. Bangsa Israel yang sudah lama mezbahnya hancur kini dikembalikan lagi dan yang dulu jauh dari Tuhan, kini kembali intim dengan Tuhan, berusaha lagi mencari Tuhan, berusaha berdoa lagi dengan Tuhan.
Perhatikan Youthers, bahwa ada langkah penting yang dilakukan oleh Elia sehingga ia memperoleh kemenangan dalam peperangan rohani itu, dia menyuruh orang Israel mendirikan mezbah Tuhan. Ini adalah kerinduan Tuhan sendiri agar umat-Nya dating mendekat kepada-Nya. Hanya orang yang mau datang mendekat kepada Tuhan yang akan memperoleh kemenangan.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah berusaha memperbaiki kembali mezbah Tuhan yang mungkin di tahun-tahun lalu sudah runtuh? Sudahkah kita berusaha untuk memulai kembali membaca Firman Tuhan dan melakukannya jika sebelumnya kita lalai melakukannya? Youthers, mari kita mulai hidup kudus lagi di hadapan Tuhan, mulai untuk memperbaiki hubungan kita dengan Tuhan dengan terus hidup intim melalui doa, pujian, penyembahan dan pembacaan Firman Tuhan.