SUPLEMEN COOL BULAN DESEMBER 2017 #1

08 Dec, 2017

MENGAKHIRI TAHUN 2017 DENGAN UCAPAN SYUKUR

Salah satu aktivitas rutin yang kita lakukan dalam menutup tahun adalah melakukan evaluasi, refleksi dan resolusi. Dimana kita melakukan perenungan kembali sepanjang tahun yang telah berjalan, seberapa pencapaian kita, baik keberhasilan maupun kegagalan, bercermin kembali dengan Firman Tuhan, adakah kita sudah hidup sesuai dengan Firman Tuhan dan menyusun kembali apa yang menjadi prioritas untuk kita lakukan sebagai perbaikan-perbaikan menuju ke pribadi yang lebih baik.
Dibalik itu semua, ada satu hal penting yang tidak boleh kita lupakan adalah MENGUCAP SYUKUR kepada TUHAN. Rasul Paulus menyampaikan pesan kepada jemaat di Tesalonika dalam 1 Tesalonika 5:18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." Sebuah pesan yang sangat sederhana namun memiliki pengertian yang mendalam. Mengucap syukur dalam segala hal berarti :

1. Mengucap syukur untuk hal-hal baik yang terjadi dalam hidup kita.
Yang termasuk dalam hal-hal baik yang terjadi dalam hidup kita antara lain, penggenapan janji TUHAN. Tahun 2017 adalah tahun Mujizat Penuaian, dan janji TUHAN untuk kita yang percaya dan taat melakukan tuntunan TUHAN yang disampaikan melalui Gembala Sidang/Pembina adalab bahwa kita akan : menuai jiwa-jiwa secara mujizat; menuai berkat secara mujizat, menuai mujizat-mujizat dan menuai apa yang kita tabur secara mujizat. Bagi jemaat yang belum mengalami janji TUHAN ini jangan kuatir sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil (Lukas 1:37). Percaya dan lakukan dengan tekun apa yang menjadi tuntunan-Nya bagi hidup kita.

2. Mengucap syukur untuk setiap proses yang kita alami.
Mengucap syukur dalam segala hal berarti mengucap syukur bukan hanya untuk hal-hal baik yang terjadi dalam hidup kita, tapi juga hal-hal yang 'kurang baik' atau dalam hal ini kita sebut sebagai proses. Sebab yang namanya proses sekalipun terasa tidak mengenakan bagi daging, namun mendatangkan kebaikan buat kita. Itu sebabnya kita patut mengucap syukur atasnya. Proses yang TUHAN ijinkan kita alami sepanjang tahun 2017 membentuk karakter kita makin serupa dengan Kristus dan membawa kita naik ke tingkatan rohani serta pengenalan akan TUHAN yang lebih lagi, seperti yang dialami oleh Ayub.
Mengakhiri tahun 2017 dengan mengucap syukur berarti kita mengakui bahwa semua yang kita miliki adalah pemberian TUHAN. Juga merupakan pengakuan bahwa kekuatan dan penyertaan TUHAN lah yang memampukan kita menghadapi setiap proses dalam hidup.
Salah satu versi Alkitab terjemahan bahasa Inggris menterjemahkan ayat ini dengan sangat praktis dan lugas. Dikatakan disana : "and thank God ◄in all circumstances/regardless of what happens. God wants you to behave like that because of what Christ Jesus has done for you (OR, because you have a close relationship with Christ Jesus)." Artinya, ucapan syukur yang kita naikan adalah wujud respon kita karena apa yang TUHAN YESUS telah lakukan dalam hidup kita, atau karena kita memiliki hubungan yang akrab, yang intim dengan TUHAN YESUS.

Sudahkah Anda mengucap syukur untuk tahun 2017?

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto