SUPLEMEN COOL BULAN OKTOBER 2017 #3

18 Oct, 2017

New Season, New Blessing

"Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara." (Yesaya 43:19)

Ayat Bacaan kita merupakan bagian dari pasal-pasal yang ditulis selama tahun-tahun akhir hidup Yesaya. pasal-pasal ini penuh dengan penyataan nubuat mengenai Mesias yang akan datang dan kerajaan-Nya di bumi kelak. Allah menyatakan nubuat ini untuk memberikan pengharapan dan penghiburan kepada umat-Nya selama mereka tertawan di Babel, 150 tahun sesudah zaman Yesaya (lih. Yes 39:5-8).

Belajar dari pengalaman Bangsa Israel yang tertawan dan mengalami pembebasan, 2 (dua) hal yang dapat kita pelajari dalam memasuki musim yg baru:

1. Tinggalkan Cara Hidup Lama "Tanpa Tuhan".

Hukuman pembuangan bagi Israel telah berakhir oleh inisiatif Allah (ayat 14). Ia membebaskan Israel sebab Israel milik kepunyaan-Nya. Allah memperkenalkan diri-Nya sebagai Allah Yang Mahakudus, Raja Israel (Yes 43:15). Allah memulihkan keadaan Israel sehingga hubungan antara Israel dan Allah menjadi baru kembali (ayat Yes 43:19). Pembaruan hubungan itu digambarkan sebagai hal yang aiaib seperti jalan di padang belantara, sungai-sungai di belantara, dan air yang memancar di padang gurun. Hasilnya umat Allah akan memuliakan nama-Nya (ayat 20).
Memasuki Ayin Chet (5778), mari kita tinggalkan cara hidup lama kita yang tanpa Tuhan, hidup yang 'memberontak' atau tidak taat terhadap perintah Tuhan. Bagi yang belum menerima Tuhan Yesus secara pribadi dalam hidupmu, ini saat yang tepat untuk bertobat, mengakui segala dosa, percaya kepada Yesus dan menerima DIA sebagai Tuhan dan Juru Selamat (Lahir Baru).
Bagi yang sudah percaya dan lahir baru namun tidak hidup sungguh-sungguh sesuai Firman, saatnya tinggalkan cara hidup kita yang 'tanpa Tuhan' artinya percaya pada Tuhan tapi tidak pernah menyertakan Tuhan dalam hidup, hidup sembrono seakan-akan Tuhan tidak ada bersama kita.

2. Musim Yang Baru, Tuhan Menyediakan Berkat Yang Baru.

Sama seperti halnya Umat Israel akan menerima "sesuatu yang baru" (Yes 43:19) saat Tuhan membebaskan mereka, demikian juga kita masa sekarang ini yang meninggalkan cara hidup lama yang tanpa Tuhan, kita akan memasuki musim yang baru dengan pengampunan, berkat, pemulihan, dan kehadiran Allah; dengan demikian kita akan memuji-muji Allah (Yes 43:21).
Cara hidup lama yang tanpa Tuhan menghasilkan hajaran-Nya. Hajaran-Nya terhadap setiap anak-Nya yang melanggar firman-Nya adalah hajaran kasih. Bila hajaran itu terasa menyakitkan sehingga menimbulkan tetesan air mata pertobatan, jangan sia-siakan belas kasih-Nya. Bertobatlah dan nikmati kembali anugerah dan kemurahan-Nya.

Selamat memasuki musim yang baru dengan berkat yang baru dari Tuhan : PENGAMPUNAN, PEMULIHAN DAN KEHADIRAN TUHAN DALAM HIDUP KITA. Amin

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto