HUNGER FOR GOD ( Haus dan Lapar akan Tuhan)

19 May, 2019

Pendahuluan
Mat 5: 6 "Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan."

Kebahagiaan dalam Tuhan bersifat kekal, bahagia yang terpuaskan, yaitu waktu kita lapar dan haus akan Tuhan.

10 Pertanyaan untuk memeriksa KESEHATAN ROHANI kita menurut buku "SPIRITUAL CHECK UP" Donald S Whitney: yang pertama adalah "Apakah anda HAUS AKAN TUHAN?"

"Hasrat kudus, yang diwujudkan dalam kerinduan, rasa lapar dan haus akan Tuhan dan kekudusan, kerap kali disebut Alkitab sebagai bagian penting dari agama sejati" Jonathan Edwards.

Sekarang waktu yang tepat untuk kita melakukan evaluasi diri agar cek up secara rohani dapat kita lakukan. Apakah kita memiliki haus dan lapar akan Tuhan?

Russel Evan berkata 3 hal yang harus ada untuk menjaga API terus menyala :
1. Oxygen: Hadirat Tuhan
Ibrani 12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.

  • Hidup kudus tanggalkan dosa
  • Slalu tinggal dalam hadiratNya melalui doa pujianpenyembahan
  • Tidak buka celah untuk lagu dunia

2. Heat: on fire menyala2 bagi Tuhan
Wahyu 3:15-16 Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas. Jadi karena engkau suam- suam kuku, dan tidak dingin atau panas,
Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

3. "Harus jaga terus panas, menyala- nyala bagi Tuhan.

4. Fuel (bahan bakar)
Lapar dan haus akan Tuhan. Cinta mula2 dengan Tuhan. Kerinduan hanya Tuhan: hadiratNya, Firman, kebenaran.

Langkah Menjaga Lapar dan Haus akan Tuhan:
Filipi 3:10 Rasul Paulus memberikan teladan kehausan dan kelaparannya akan Tuhan: Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,

1. Menetapkan hati sehingga kerinduan dan kehendak utama dalam hidup kita hanya TUHAN krn tujuan kita ke surga.
(Filipi 3:12) Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.

2. Tidak memiliki rasa puas tetapi terus mengejar TUHAN
Filipi 3:13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,

3. Berani melepaskan hal yang tidak Tuhan sukai/ sampah. Hanya fokus pada Tuhan dan perkara surgawi
Filipi 3:14 dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

4. Bayar harga dengan berusaha sungguh- sungguh
Tanggalkan ego, kedagingan, keluar dari zona nyaman utk berani mengejar Hadirat Tuhan, kebenaran Firman Tuhan dan hanya punya kerinduan selera Tuhan. Ingat tujuan akhir kita hidup kekal selamanya bersama Tuhan di surga: jadi apapun yang lakukan harus selera Tuhan

Penutup
Efesus 5:15-17 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.