Ibadah Onsite atau Tidak Menjauhi Pertemuan Ibadah

23 May, 2022

Bahan Bacaan :
Ibrani 10:25

Penjelasan Materi :
Teams, bahan bacaan kita hari ini berlatar belakang bahwa pada masa itu saat kedatangan kembali Kristus untuk menjemput orang-orang yang setia makin mendekat. Ketika saat itu mendekat, umat akan menghadapi banyak pencobaan rohani dan penganiayaan, dan banyak penipuan ajaran. Maka dari itu ayat ini ditujukan agar umat Tuhan harus berkumpul secara tetap untuk saling menguatkan agar tetap berpegang teguh kepada Kristus dan iman rasuli perjanjian baru.
ayat ini berbicara tentang janganlah kita memjauhkan diri dari pertemuan - pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.
Adanya pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini memang telah mengubah banyak kegiatan yang kita lakukan, termasuk soal ibadah. Aturan pelaksanaan ibadah di gereja mendorong gereja untuk menyelenggarakan alternatif ibadah secara online. Meskipun cara ini terbukti ampuh untuk tetap bisa membangun iman jemaat, namun kerinduan untuk bisa beribadah secara langsung dirasakan oleh banyak jemaat. Atmosfer pujian penyembahan yang dinaikkan oleh jemaat, impartasi, pengurapan, keintiman dan kekhusukan yang kita rasakan saat di gereja, tetap tidak bisa tergantikan oleh ibadah online.

Kini ibadah onsite telah kembali dibuka. Mari kita luapkan kerinduan kita dengan beribadah secara langsung di gereja. Walau pandemi belum berakhir, tetapi percayalah, perlindungan Tuhan sempurna atas kita. Gereja pun menjaga dan menerapkan protokol kesehatan dengan sangat baik sehingga kita bisa aman dan nyaman dalam beribadah. Mari rasakan kembali api roh Kudus yang berkobar dalam hati kita. Semangat beribadah dan semangat melayani, juga fokus dan perhatian kita, tidak mungkin ada di level yang sama dengan saat kita beribadah dari rumah. Dengan bersama-sama beribadah di gereja, kegelapannya boleh sangat gelap, tetapi terang kemuliaan Tuhan yang turun atas kita akan bersinar lebih terang!
Teams, mari kita berpikir dan renungkan apakah memang kita termasuk orang- orang yang ayat dalam Ibrani 10:25 sebutkan. Kita menjauhi Pertemuan ibadah dan tidak mau datang lagi ke gereja secara Onsite dengan berbagai alasan ditengah Pandemi yang masih berlangsung saat ini.

Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk ibadah yang akan datang { 1 Timotius 4:7B - 8 }.

Bahan Diskusi:
1. Sudahkah Anda beribadah secara langsung di gereja setelah ibadah onsite dibuka kembali? 2. Apa perbedaan yang Anda rasakan ketika mengikuti ibadah secara online dengan ketika beribadah secara langsung di gereja?
3. Apa yang paling Anda rindukan dalam ibadah onsite di gereja?

GBI Jalan Jend Gatot Subroto