KASIH MULA-MULA = MENYENANGKAN HATI TUHAN & MELAKUKAN KEHENDAK NYA

23 Nov, 2020

Bahan Bacaan 

Yohanes 4 : 34, “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan Nya.” 

Penjelasan Materi 

Youths, orang yang memiliki kasih mula-mula, sudah tidak lagi memikirkan diberkati atau tidak diberkati  ataupun sesuatu yang hanya menyangkut kepentingan pribadi dan golongannya saja . Hal yang terpenting dalam hidupnya adalah bagaimana menyenangkan hati Tuhan dan melakukan kehendak-Nya, sekalipun itu  bertentangan dengan apa yang diinginkannya. 

Yesus berkata dalam Yohanes 4 : 34, “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan  menyelesaikan pekerjaan-Nya.” Makanan sesuatu yang primer dalam hidup ini. Manusia bekerja mencari  nafkah dan pemasukan, tentunya agar dapat memberi makan dirinya sendiri juga keluarganya, disamping  karena alasan lainnya, alasan karena “perut” lah yang utama.. Tapi Yesus mengajarkan kepada kita bahwa  yang paling penting dalam hidup ini, bukan perkara “makanan jasmani saja” tetapi juga “makanan rohani” yaitu adalah melakukan kehendak Bapa dan menyelesaikan “pekerjaanNya”. Yesus telah memberikan  teladan kepada kita bahwa apa pun akan dilakukan-Nya, asal kehendak Bapa terlaksana, sekalipun Ia harus  mengorbankan nyawa-Nya. 

Perhatikan Firman Tuhan dalam Roma 14 : 17 - 18, “Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan  minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Karena barangsiapa melayani Kristus  dengan cara ini, ia berkenan kepada Allah dan dihormati oleh manusia.” Youths, kita para pelayan Tuhan, para  kaum muda yang bergerak dalam pelayanan anak muda, kembali diingatkan melalui ayat ini, bahwa dalam  melayani haruslah disertai dengan kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus, bukan dengan  motivasi untuk kepentingan jasmaniah saja. 

Youths, pada akhirnya, orang yang memiliki kasih mula-mula akan merenungkan, melakukan firman Tuhan  dan mengasihi Dia dengan segenap hati, segenap jiwa, dan hidup hanya untuk menyenangkan hati-Nya. Biarlah setiap kita di masa pandemi COVID-19 ini, kita tetap percaya janji Tuhan serta terus  memperkatakannya. Mari kita tuntaskan Amanat Agung bersama-sama Belajarlah melakukan kehendak Nya dan menyelesaikan pekerjaan yang sedang Dia tugaskan kepada kita. Lakukanlah semuanya karena  kita mengasihi Tuhan dengan kasih mula-mula. 

 

Bahan Diskusi : Apa motovasi kita dalam melayani?