KEMURAHAN

01 Jul, 2018

Bahan Bacaan
Lukas 6:36, "Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati."


Penjelasan Materi
Youthers, perlu kita ketahui bahwa kata "Kemurahan" dalam Galatia 5:22 berasal dari bahasa Yunani chrēstotēs yang berarti bukan hanya kebaikan sebagai suatu sifat kemurnian hati, tetapi juga sebagai kecenderungan untuk bersifat dan bersikap ramah, penuh kelemahlembutan, belas kasihan dan sikap yang manis. King James Version menerjemahkannya dengan "kindness; good; dan gentleness" yang merujuk pada kebaikan Allah di dalam Kristus Yesus (Rm 2:4; 11:22; Ef 2:7; Tit 3:4; 1 Pet 2:3). Sepanjang hidup dan pelayanannya, Yesus telah memberikan teladan kepada kita bagaimana hidup dengan kemurahan dan kebaikan hati kepada banyak orang termasuk mereka yang tidak menyukai dan membencinya.

Harus kita pahami Youthers, bahwa dengan memiliki kemurahan hati bukan berarti kita memiliki sikap hidup yang "murahan", tetapi kemurahan hati adalah sebuah karakter yang Roh Kudus berikan untuk kita dapat bersikap baik, mengampuni, mengalah dalam perbantahan, rela berkorban untuk orang lain. Bahkan termasuk kepada mereka yang tidak menyenangkan sekalipun, kita dimampukan untuk menolong dengan tulus. Kemurahan hati memampukan kita berempati merasakan apa yang orang lain rasakan dengan disertai tindakan nyata untuk membantu menyelesaikan pergumulan atau persoalan yang mereka hadapi, dengan memberi sesuatu dalam bentuk apapun dengan rela hati tanpa menuntut balasan.

Bagaimana dengan kita hari-hari ini Youthers? Sudahkah kita memiki kemurahan hati itu? Mintalah Roh Kudus untuk memimpin hidup kita. Percaya bahwa hidup kita pasti berbuah dan kita dapat semakin peka terhadap kebutuhan dasar sesama kita. Biarlah kemurahan hati ini kita lakukan hanya untuk kemuliaan Tuhan saja, sebagai tanda kasih kita kepada Dia yang sudah begitu mengasihi kita.

Bahan Diskusi
1. Dalam kehidupan sehari-hari, kemurahan hati seperti apa sajakah yang dapat kita berikan kepada sesama kita?
2. Apakah kita sudah hidup dengan kemurahan hati?
3. Hal apa saja yang membuat kita sulit untuk mempraktekkan kemurahan hati terhadap sesama?