KESETIAAN

15 Jul, 2018

Bahan Bacaan
Amsal 19:22, "Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong."

Penjelasan Materi
Youthers, pada Minggu ketiga ini, kita membahas mengenai kesetiaan. Kesetiaan merupakan terjemahan kata ‘setia' dalam bahasa Inggris, ‘faithful' (merupakan akar kata dari ‘faith'dan ‘ful'). berasal dari kata Yunani, Pistis, yang yang merupakan akar kata dari ‘iman'. Pistis berasal dari kata kerja Peithô yang artinya meyakinkan, mempercayai, mentaati, menaruh keyakinan, percaya, yakin, termasuk menggerakkan orang lain dengan motif tertentu. Jika kita lihat definisi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kesetiaan artinya berpegang teguh (pada janji, pendirian, dsb), patuh, taat bagaimanapun berat tugas yang harus dijalankannya.

Dari definisi tersebut, kita tahu Youthers, bahwa kesetiaan memiliki makna yang mendalam dan terkait erat dengan iman. Jika kita memiliki buah Roh Kesetiaan ini, maka kita akan dimampukan Roh Kudus untuk dapat mempercayai, mentaati, berpegang teguh pada sesuatu hal dan teguh pendirian. Melalui FirmanNya, Tuhan meminta kita untuk setia dalam perkara yang kecil terlebih dahulu. Perhatikan Matius 25:23, "Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu." Dengan kita taat dan setia pada hal-hal sederhana dalam aspek kehidupan kita, tidak menyimpang pada ajaran Firman Tuhan dalam pikiran, perkataan dan perbuatan kita, maka Tuhan akan mempercayakan kita pada perkara yang besar di kemudian hari.

Youthers, mngkin kita bertanya, dalam hal apa saja harus setia? Tentu saja jawabannya adalah dalam segala hal yang seturut dan sejalan dengan kebenaran Firman Tuhan. Kesetiaan dapat kita implikasikan dalam dalam iman kepada Yesus Kristus, dengan pasangan dan keluarga, juga dalam pelayanan dan sekolah/kampus/pekerjaan kita. Jika kita menjadi orang yang setia dalam segala perkara dan dapat dipercaya, maka kita akan mendapatkan kehormatan, yang juga disertai tanggung jawab yang makin besar.


Bahan Diskusi
Diskusikan mengenai kesetiaan & ketidaksetiaan yang kita lakukan dalam dalam iman kepada Yesus Kristus, dengan pasangan dan keluarga, juga dalam pelayanan dan sekolah/kampus/pekerjaan kita