LET’S CELEBRATE THE PENTECOST!

09 May, 2021

Bulan Mei ini kita akan memperingati dua peristiwa besar yang sangat penting bagi iman kita, yakni Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga (Kis 1:9) dan Hari Pentakosta dimana Roh Kudus dicurahkan (Kis 2:1-4). Mungkin tidak banyak orang Kristen memperingati kedua peristiwa ini semeriah merayakan Natal, karena memang ada acara yang jauh lebih bermakna dalam merayakannya daripada sekedar selebrasi (perayaan) gerejawi semata. Pada kesempatan kali ini, kita akan merenungkan dan belajar mempraktekkan bagaimana kita dapat merayakan Hari Pentakosta:

Menjadi "Messenger of The Third Pentecost" (MOTP)
Gembala Sidang/Pembina menyampaikan bahwa kita adalah MOTP. Haleluya! Bagaimana cara kita dapat menjadi MOTP? Ada dua hal yang dapat kita lakukan, yakni:
Mengobarkan ‘api pentakosta ketiga' dengan mempraktekkan berbahasa roh tanpa ragu dan tanpa malu, baik dalam ibadah pribadi, ibadah keluarga, dalam ibadah koorporat bersama-sama bahkan dalam ibadah-ibadah oikumene bersama-sama dengan gereja-gereja dari aliran yang lain. Selain itu juga dengan mendoakan orang-orang percaya yang belum dibaptis Roh Kudus agar dibaptis Roh Kudus dan berbahasa Roh (Kis 19:1-6).
Menyampaikan dan mengajarkan ‘apa', ‘siapa' dan ‘bagaimana' hidup sebagai insan pentakosta. Sebagai insan pentakosta, kita memiliki ciri khas yang membedakan kita dari anggota aliran gereja yang lain. Kitab Kisah Para Rasul memberikan kepada kita sebuah gambaran dan keteladanan tentang apa, siapa dan bagaimana kita hidup sebagai insan pentakosta.

Menyelesaikan Amanat Agung
Amanat agung tidak terpisahkan dari Pentakosta (pencurahan Roh Kudus). Amanat agung adalah mandat yang Tuhan Yesus berikan kepada murid-murid-Nya, termasuk kita (Matius 28:19-20). Untuk dapat melaksanakan amanat agung kita perlu pencurahan Roh Kudus (pentakosta). Sebagaimana Tuhan Yesus katakan:
"dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini. Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi." (Lukas 24:47-49)

"Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Kis 1:8)

Sebaliknya juga berlaku, kita yang dibaptis Roh Kudus memiliki tugas untuk menyelesaikan amanat agung, yakni memberitakan Injil, menjangkau jiwa-jiwa dan memuridkan mereka. Memberitakan Injil dengan menjadi saksi Yesus dimanapun kita berada, melalui perkataan dan melalui perbuatan serta karakter kita yang mencerminkan karakter Kristus (1 Yoh 2:6). Memuridkan jiwa baru dengan mengajak mereka bergabung dalam kelompok COOL.

Melihat dan mempelajari dua hal diatas, jelaslah bagi kita bahwa merayakan pentakosta tidak terbatas hanya pada peringatan hari pentakosta, melainkan setiap saat. Terlebih kita sedang berada di era pentakosta ketiga yang akan terus berlangsung sampai Tuhan Yesus kedua kali. Mari kita merayakan Pentakosta dengan menjadi Messenger of The Third Pentecost dan menyelesaikan amanat agung. Maranatha! (DL)

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto