MENDEKLARASIKAN KEMENANGAN PASKAH

20 Apr, 2020

Telah kita ketahui Bersama bahwa badai COVID - 19 telah menghantam hampir seluruh bangsa-bangsa di dunia. Kita diharuskan untuk tinggal di rumah masing-masing untuk menghentikan atau memutuskan mata rantai penyebaran wabah tersebut.
Hal ini mengingatkan saya pada peristiwa Paskah di mana orang Yahudi diminta oleh Tuhan untuk tinggal di rumah masing-masing, menyembelih anak domba, dan makan domba Paskah serta mengoleskan darah anak domba tersebut pada tiang dan ambang pintu rumah mereka - sehingga mereka terluput dari tulah kematian.
Dan sungguh tidak kebetulan, bahwa di bulan April ini kita sebagai "israel-israel secara rohani" juga merayakan hari Raya Paskah.
Setidaknya ada beberapa peristiwa penting sehubungan dengan Paskah:
1. Mereka dilewatkan dari tulah kematian dan menjadi bangsa yang merdeka.
Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN. - Keluaran 12:12
2. Terjadinya perpindahan kekayaan dari tangan orang fasik (transfer of wealth).
Orang Mesir juga mendesak dengan keras kepada bangsa itu, menyuruh bangsa itu pergi dengan segera dari negeri itu, sebab kata mereka: "Nanti kami mati semuanya." Orang Israel melakukan juga seperti kata Musa; mereka meminta dari orang Mesir barang-barang emas dan perak serta kain-kain. Dan TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu, sehingga memenuhi permintaan mereka. Demikianlah mereka merampasi orang Mesir itu. - Keluaran 12:33,35-36
3. Bulan Paskah ini menjadi permulaan yang baru (New Beginning).
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun di tanah Mesir: "Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun.- Keluaran 12:1-2
Pada malam itu status mereka berubah dari budak menjadi orang merdeka, mereka masuk pada suatu musim yang baru dalam hidup mereka. Tetapi hal itu bukan berarti mereka telah mengakhiri pertandingan. Firaun tidak rela melepaskan bangsa yang telah diperbudaknya ratusan tahun tersebut pergi begitu saja. Dengan dipenuhi amarah yang bernyala-nyala Firaun dengan segenap pasukan kereta berkuda nya mengejar bangsa Israel (Keluaran 14:5-8)
Sebagai Israel-israel rohani sekali lagi saya percaya , saat ini kita pun sedang mengalami apa yang terjadi ribuan tahun yang lalu.
1. Kita dituntun untuk berpuasa 40 hari dari tanggal 1 Maret 2020 sampai dengan 9 April 2020. Yang mana puasa kita ditutup dengan peristiwa Paskah pada tanggal 10 April 2020 (Ingat! Paskah yang sesungguhnya sesuai Alkitab terjadi pada saat Anak Domba itu mati disembelih, bukan pada saat Kebangkitan!)
Bapak Gembala Sidang kita mendapatkan bahwa kita berpuasa merendahkan diri di hadapan Tuhan, sama seperti halnya Daud mendirikan mezbah di pengirikan Arauna supaya tulah itu berhenti (2 Samuel 24:18-25).
Ada hal yang menarik di sini. Mengapa Daud diminta oleh Tuhan untuk mendirikan mezbah di pengirikan Arauna (2 Sam 24:18). Ternyata kalau kita mempelajari Firman Tuhan dan mempelajari sejarah yang ada, kita akan mengerti bahwa tempat pengirikan Arauna ini ternyata adalah tempat di mana Abraham diminta oleh Bapa untuk mempersembahkan anaknya yang tunggal (Ishak). Di tempat ini lah yaitu di bukit /gunung Moriah, ALLAH menyediakan. Menyediakan apa? Jawabannya adalah Anak Domba.
Di tempat inilah, di pengirikan Arauna, di gunung Moriah, TUHAN menyediakan "Anak Domba". Jadi kami percaya di moment Paskah ini lah, akan terjadi "turning point" - kemenangan terhadap semua permasalahan yang dihadapi bangsa kita saat-saat ini.
2. Akan tetapi sama seperti bangsa Israel yang harus menghadapi Firaun dan pasukannya, maka kita pun menghadapi peperangan yang sama hari-hari ini. Kita pun harus terus berperang dan mendeklarasikan kemenangan yang Tuhan telah berikan di atas kayu salib.
Marilah di event setelah Paskah ini kita terus mendeklarasikan dan merebut kemenangan yang telah Tuhan berikan! Kemenangan atas Covid 19, kemenangan atas Resesi Ekonomi, kemenangan atas sakit penyakit, kemenangan atas dosa!