PERCAYA DAN PEGANG JANJI TUHAN

11 Jan, 2021

Sudah merupakan sebuah hal yang umum ketika memasuki tahun yang baru orang-orang mengadakan pembaharuan janji atau komitmen baik kepada Tuhan maupun orang terdekat yang disertai dengan doa dan harapan atau istilah yang dikenal di kalangan masyarakat dengan resolusi. Apa yang menjadi resolusi anda tahun 2021 ini? Masing-masing tentu memiliki jawaban yang berbeda-beda, ada baiknya disharingkan bersama dalam kelompok COOL untuk saling mendoakan, mengingatkan dan menguatkan.

Tahukah anda bahwa bukan hanya kita yang memiliki janji khusus setiap tahunnya? TUHAN juga memiliki janji yang khusus dan spesifik untu kita. Dan di tahun 2021 ini, sebagaimana disampaikan oleh Gembala Jemaat Induk/Gembala Pembina, Tuhan memberikan kepada kita janji-janji-Nya, yaitu:


  1. Masa Depan yang Penuh Harapan

Janji Tuhan yang pertama, terdapat dalam Yeremia 29:11-14a: “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, Aku akan memberi kamu menemukan Aku...”  

Dalam janji ini dikatakan kita akan menerima perkara yang luar biasa, antara lain rancangan damai sejahtera yang TUHAN berikan dalam hidup kita, bukan rancangan kecelakaan. Artinya dalam situasi dan kondisi seberat dan sesukar apapun jangan takut mengalami celaka, sebab Ia beserta dengan kita dan memberikan kepada kita hari depan yang penuh harapan. Namun perlu diingat, janji TUHAN ini hanya ditujukan kepada orang-orang yang menanyakan TUHAN atau mencari TUHAN dengan segenap hati. Karena itu, memasuki tahun 2021, mari kita lebih mengasihi dan mencari TUHAN dengan segenap hati kita. 

  1. Perlindungan dan Penyertaan TUHAN

Janji Tuhan yang kedua dari Mazmur 91:14-16, dimana Tuhan berkata: “Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku. Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku.” 

Dalam janji TUHAN ini kita menerima ‘paket komplit’ yang luar biasa sebab TUHAN sangat mengasihi kita. Janji yang sangat kita perlukan dimasa-masa yang sukar sebagaimana kita alami sejak Maret 2020 yang lalu. TUHAN berjanji akan meluputkan dan membentengi terhadap sakit penyakit, ini sangat kita perlukan di era pandemi Covid-19 yang sedang terjadi. TUHAN juga meluputkan dan membentengi kita dari panah api si jahat, jerat penangkap burung, kedahsyatan malam yang berbicara tentang penculikan, perampokan, pemerkosaan, pembunuhan, terorisme, peperangan.

Bukan hanya sekedar janji perlindungan, TUHAN juga berjanji akan menyertai kita dalam masa kesesakan, dimana bila kita berseru kepada-Nya, TUHAN akan menjawab. TUHAN akan memuliakan kita, akan memberikan panjang umur dengan berkat yang melimpah bahkan TUHAN akan memberikan keselamatan. Haleluya! Namun sekali lagi perlu kita ingat, Janji Tuhan ini diberikan kepada kita yang hatinya melekat kepada Tuhan! Artinya mereka yang hidupnya intim dengan TUHAN, mereka yang selalu terkoneksi dengan TUHAN, yang memiliki gaya hidup doa, pujian dan penyembahan bersama-sama dalam unity siang dan malam.

 

Kita sudah melangkah masuk dan berjalan di Tahun 2021. Tidak ada langkah mundur! Jangan gentar dan tawar hati di tengah segala ketidakpastian akan apa yang terjadi di depan, atau terhadap kabar-kabar yang kurang baik. Pegang erat janji TUHAN! Percaya, perkatakan dan hidupi janji TUHAN itu di tahun ini, maka kita akan melihat masa depan yang penuh harapan dan perlindungan serta penyertaan TUHAN. Maranatha! (DL) 


GBI Jalan Jend Gatot Subroto