Persembahan Kain atau Persembahan Habel

12 May, 2019

Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada TUHAN sebagai korban persembahan; Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu, tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram. Kejadian 4:3-5 (TB)

Mengapa persembahan Kain ditolak Tuhan dan persembahan Habel diterima /diindahkan Nya? Persembahannya Kain ditolak oleh Tuhan karena Kain mempersembahkan persembahan dari hasil tanah kepada Tuhan. Tanah adalah sesuatu yang dikutuk oleh Tuhan (Kejadian 3), dan apa yang dihasilkan dari sesuatu yang dikutuk (produk dari sesuatu yang dikutuk) tidak mungkin dapat menghapuskan kutuk. Sebalik nya persembahan Habel adalah dari korban hewan yakni anak sulung kambing domba beserta lemak-lemaknya, yang mana ini adalah gambaran dari penebusan Kristus.

Sebab telah kita pelajari sebelumnya (dalam renungan-renungan sebelumnya); Bahwa ketika manusia (Adam dan Hawa) jatuh ke dalam dosa, mereka menjadi sadar bahwa mereka telanjang. Lalu Alkitab mengatakan bahwa Adam mengambil daun dari pohon Ara untuk menutupi ketelanjangannya.. Bukan kah itu pula yang terjadi dengan kita - manusia dari jaman ke jaman? Kita mencoba menutupi "ketelanjangan" yang ada dengan "daun pohon Ara"? Kita coba menutupi ketelanjangan yang ada dengan POPULARITAS, UANG, KEKAYAAN, SEX BEBAS, OBAT-OBATAN, bahkan dengan yang namanya AGAMA.

Tapi semuanya itu fana... Apa yang ditawarkan dunia itu fana.. Manusia tidak dapat menutupi ketelanjangan tersebut dengan "daun pohon ara" (dengan kekuatannya sendiri). Tetapi apa yang dikatakan oleh Alkitab?  Kejadian 3:21 (TB) Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka.

Tuhan tau bahwa dengan usahanya sendiri manusia tidak dapat menutupi ketelanjangannya tersebut.. Allah Bapa telah menyediakan suatu Kurban yang sangat mahal untuk menutupi ketelanjangan tersebut.. yaitu Kurban Putera Nya sendiri, Tuhan Yesus Kristus yang telah mati bagi kita semua. Itulah sebabnya TUHAN mau agar kita mengikuti teladan dari pada Habel; percaya kepada Nya (kepada pengorbanan Nya), kepada kasih setia Nya, dan hidup hanya mengandalkan Dia. Saat kita hidup oleh iman, percaya kepada Nya, hidup hanya mengandalkan Dia, maka niscaya persembahan kita akan menjadi PERSEMBAHAN YANG BERKENAN kepada Nya.

Ibrani 11:4 (TB) Karena iman Habel telah mempersembahkan kepada Allah korban yang lebih baik dari pada korban Kain. Dengan jalan itu ia memperoleh kesaksian kepadanya, bahwa ia benar, karena Allah berkenan akan persembahannya itu dan karena iman ia masih berbicara, sesudah ia mati.

TUHAN YESUS MEMBERKATI.