PREPARING TO ENTER PEY 5780

22 Sep, 2019

Shalom, tidak terasa kita akan memasuki bulan September. Tepat 29 September kita akan memasuki Rosh Hosannah, Tahun baru Ibrani 5780 Tahun PEY (baca: PEH)  yang artinya mulut. 

Lukas 6:45 "Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya."

Apa yang keluar dari mulut bersumber dari hati, bagaimana kondisi dan keberadaan hati kita menentukan yang kita ucapkan. Orang yang hatinya pahit pasti kata- kata yang keluar dari mulutnya hal- hal yang pahit. Sebaliknya orang yang hatinya penuh kasih dan damai sejahtera maka kata- katanya akan penuh kasih dan damai sejahtera. Orang yang hatinya penuh Firman Tuhan maka otomatis yang banyak keluar dari mulutnya adalah memperkatakan Firman Tuhan. 

Tuntunan Tuhan luar biasa di awal 2019 dari Yehezkiel  36: 25 "Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. 26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat".

Janji Tuhan memasuki 2019 Tuhan akan memberikan hati yang baru supaya kita memperkatakan hal-hal yang benar, sesuai kebenaran Firman Tuhan. Sehingga kita siap menerima penggenapan janji Tuhan karena ucapan kita benar di tahun PEH (mulut), kita hanya memperkatakan hal yang sesuai dengan firman dan janjiNya.

Langkah persiapan memasuki Tahun 5780 PEY (mulut) adalah:

1. Pemulihan hati seutuhnya

Kita perlu mengalami pemulihan hati yang sepenuhnya, pastikan tidak ada luka, kecewa, tawar, putus asa, kekuatiran, kegalauan, iri, kesombongan, congkak, amarah, dengki, kekesalan dan masalah hati lainnya. Hari- hari ini minta Tuhan bukakan apakah ada hal yang masih harus  dipulihkan dari hati kita. Datang dengan kerendahan hati kepada Tuhan, minta jamahan Tuhan memulihkan hati kita

2. Minta Tuhan menguduskan hati dan lidah

I Yoh 1:9 "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan".

Langkah kedua sebagai persiapan memasuki Tahun 5780 Tuhan mau kita masuk dalam pertobatan, minta hati kita dan lidah kita dikuduskan, minta ampun atas segala dosa yang ada. Termasuk jika ada perkataan-perkataan yang tidak berkenan, yang tidak sesuai dengan firman Tuhan, perkataan yang negative dan lainnya. Cabut semua perkataan-perkataan tersebut dalam nama Yesus. Biar kita semua hidup dalam kekudusan.

3. Menjaga perkataan sesuai kebenaran Firman dan isi hati Tuhan

Maz 34:13 "Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu".

Jika kita dalam decade Ayin (5770-5779) mata kita tertuju pada Tuhan dan memperhatikan mata Tuhan yang mengajar, menuntun dan memberi nasehat maka memasuki 5780 Pey kita sudah terlatih untuk terus memandang pada Tuhan, sehingga kita akan lebih berhati-hati lagi dalam menjaga perkataan. Langkah ketiga adalah menjaga perkataan kita sesuai kebenaran Firman dan isi hati Tuhan. Apakah perlu berbicara atau tidak, Apa yang diperkatakan, perkataan hikmat, perkataan kebenaran dan selanjutnya. Terus hidup dalam keintiman dengan Tuhan sehingga kita penuh Roh Kudus dan penuh Firman Tuhan, maka perkataan kita juga akan sesuai Firman dan penuh kuasa.

4. Memperkatakan trobosan mujizat dan kegerakan Tuhan

Yesaya 50: 4 "Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid."

Perkataan yang keluar dari mulut kita yang alami dipertajam pendengarannya untuk mendengar suara Tuhan, pasti berbeda. Yaitu perkataan yang memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu, memberikan nasehat Firman, perkataan kebenaran yang memberkati, memberikan trobosan buat orang lain. 

Yeremia 1: 9 "Lalu TUHAN mengulurkan tangan-Nya dan menjamah mulutku; TUHAN berfirman kepadaku: "Sesungguhnya, Aku menaruh perkataan-perkataan-Ku ke dalam mulutmu. Ketahuilah, pada hari ini Aku mengangkat engkau atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan untuk mencabut dan merobohkan, untuk membinasakan dan meruntuhkan, untuk membangun dan menanam."

Di Era Pentakosta ketiga ini, Tuhan memberikan tuntunan untuk membangkitkan Generasi Yeremia yang radikal buat Tuhan, cinta mati-matian pada Tuhan untuk menyelesaikan Amanat Agung sebelum Tuhan Yesus datang kedua kali. Seperti nabi Yeremia, maka Generasi Yeremia di Tahun PEY, Tuhan akan menaruh perkataan untuk  mencabut, merobohkan, meruntuhkan dan membinasakan, membangun dan menanam... sampai terjadi trobosan mujizat dan kegerakan menyelesaikan Amanat Agung terjadi! Persiapkan diri kita memasuki 5780 dan bangkit jadi Generasi Yeremia! (IK)