ROH KUDUS MEMBERI KUASA UNTUK MENOLONG KITA BERDOA

05 Jul, 2021

Bahan Bacaan
"Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang orang kudus." (Roma 8:26-27).


Penjelasan Materi
Youths, mugkin kita sudah tidak asing lagi dengan pengajaran tentang Roh Kudus selama kita hidup sebagai orang Kristen. Kita mungkin sudah banyak mendengar dan mengetahui "teori-teori" tentang apa itu Roh Kudus, siapa itu Roh Kudus, peranan Roh Kudus dan segala sesuatu tentang Roh Kudus mungkin dari pengajaran di Kelas Orientasi Melayani (KOM) atau Sekolah Orientasi Melayani (SOM), dari kelas Katekisasi, penjelasan dari orangtua atau kakak rohani, kotbah dari pendeta atau hamba-hamba Tuhan, juga mungkin dari buku yang kita baca dan sumber lain sebagainya.


Pada Minggu pertama ini, kita tidak akan membahas secara teori tentang Roh Kudus lagi Youths, tetapi bagaimana kita mengetahui dengan benar dan memahami baik bahwasanya pekerjaan Roh Kudus dalam hidup kita sungguh nyata, dampak dalaam keseharian kita sungguhlah ada. Mungkin di antara kita ada yag bertanya-tanya tentang Roh Kudus, "Ka, ia aku tahu kok kata Firman dan pendeta ada Roh Kudus dalam diri kita dan kita punya kuasa dari RohNya! Tapi mana buktinya? Pada saat apa kita bisa merasakanNya? Mana karyaNya? Kapan Ia bekerjanya? Kita butuh Roh Kudus buat apa?"
Mari kita mulai dari contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari, yaitu saat kita berdoa. Youths, pernah alami fase awal kekristenan, atau tahap dalam kehidupan kita di mana kita rasanya sulit buat berdoa? Kalau ditunjuk berdoa di cool, sekolah,pelajaran agama, digereja, dipersekutuan atau di manapun, rasanya bibir kelu berkata-kata. Bahkan tak jarang ada yang menolak untuk dapat giliran berdoa dan menyuruh orang lain saja yang menggantikannya, "Yah jangan saya yang berdoa ka, saya ga bisa berdoa" Kita merasa tidak punya perbendaharaan kata bagus untuk berdoa, malu didengar jika doa kita jelek dsb.


Perhatikan Firman Tuhan dalam bahan bacaan kita hari ini, Roh membantu kita dalam kelemahan kita, sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa, tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Youths, bandingkan sekarang dengan diri kita saat ini, mungkin ada di antara kita sudah jadi pemimpin rohani, hamba Tuhan, mentor dan pemimpin. Kita sudah sangat percaya diri untuk berdoa, kita tidak malu lagi, bahkan doa kita hari-hari ini begitu penuh kuasa. Itu semua karena Roh Kudus yang membantu kita. Roh Kudus menutun kita untuk berkata-kata dalam doa dengan kuasa.
Jika ada di antara Youths saat-saat ini merasa terkadang ketika hidup sedang berat dan kita tidak tau apa yang harus kita doakan, akuilah di hadapan Tuhan kalau kita tidak pandai berkata-kata, akuilah serukanlah kalau kita rindu berdoa tapi tak tahu caranya. Roh Kudus lah yang akan memanjatkan doa yang benar kepada Tuhan untuk menolong kita.


Bahan Diskusi: Bagaimana cara doa kita pada masa awal menjadi Kristen dan pada saat ini?

GBI Jalan Jend Gatot Subroto