ROH KUDUS YANG MENGUBAHKAN

19 Jul, 2021

Bahan Bacaan:
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang." (2 Korintus 5:17).
Penjelasan Materi
Youths, kita tentunya pernah dengar pepatah mengatakan "people change", ya seseorang dapat berubah dalam kehidupannya, bisa berubah ke arah yang lebih baik atau sebaliknya. Tentunya kita rindu, setiap pribadi kita dapat berubah ke arah yang lebih baik dari hari-ke harinya. Mari renungkan dalam hati masing-masing saat ini, bagaimana pribadi kita saat ini dibanding dengan kita yang dahulu di 10 atau 5 tahun yang lalu? Adakah kemajuan dan perbaikan ke arah yang lebih baik dari pikiran, perkataan dan perbuatan? Jika ada, kira-kira siapa yang berperan dalam proses perubahan diri kita? Apakah karena kehebatan dan kemampuan yang kita miliki?
Pada Minggu 2 kita sudah membahas bersama, bahwasannya segala keberhasilan, kesuksesan, kemajuan, hal baik lainnya yang terjadi dalam hidup kita ini, semua karena campur tangan Roh Kudus. Ia mampu mengubahkan hidup lama kita ke hidup bar yang jauh lebih baik, asal kita mau dan berseia dibentuk. Sebut saja tiga contoh tokoh Alkitab yang di perbaharui oleh Roh Kudus, Pertama, Paulus yang dahulunya merupakan pembunuh pengikut-pengikut Kristus, ia mengalami perjumpaan dengan Tuhan, ia dibutakan oleh Tuhan, lalu ia diubahkan melalui pembaharuan Roh Kudus menjadi pengikut Kristus yang sangat berjasa. Kedua, Matius si pemungut cukai. Ia diubahkan oleh Tuhan melalui pembaharuan Roh Kudus sehingga menjadi pengikut Kristus yang setia. Ketiga, perubahan hidup dalam diri Petrus yang begitu drastis, dari seorang pengecut menjadi seorang pemberani, bahkan ia dipakai Tuhan secara luar biasa. . Saat Tuhan mencurahkan RohNya di kamar loteng Yerusalem Petrus mengalami lawatan dan jamahan Tuhan seperti tertulis: "...kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Kisah 1:8). Karena mengalami jamahan Roh Kudus inilah hidup Petrus diubahkan secara luar biasa. " Bagaimana dengan kita Youths? Apakah saat ini kita sedang bergumul keras atas sikap-sikap hidup kita yang begitu jauh dari Firman? Apakah kita hamper menyerah dengan karakter buruk kita yang selalu mengecewakan Tuhan, diri kita bahkan keluarga? Atau kita sedang frustasi karena hidup kita begini-begini saja, tidak jauh lebih baik, dan terus jatuh dalam dosa yang sama? Jangan menyerah, jengan berkecil hati, jangan pasrah begitu saja Youths, Allah melalui RohNya mengerjakan mukjizat dalam kehidupan kita. Roh Kuduslah yang akan mengubahkan. Kita cukup berikan hati yang mau dibentuk dan bergerak. Saat kita bergerak, Roh Kudus akan menyertai
Bahan Diskusi: Apa saja hal buruk dalam hidup kita yang sudah diubahkan Roh Kudus?

GBI Jalan Jend Gatot Subroto