SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN AGUSTUS 2018 #1

05 Aug, 2018

Bahan Bacaan
Yohanes 16 : 13, " Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang."

Penjelasan Materi
Youthers, pernahkah kita berada pada situasi yang canggung, kaku ketika berhadapan dengan seseorang yang tidak kita kenal? Tentunya akan berbeda cerita jika kita berhadapan dengan orang yang kita kenal dekat. Pengenalan yang baik akan seseorang, tidak hanya membuat kita menjadi dekat dengannya tetapi juga membuat kita bisa mengerti, memahami dan menyayangi orang tersebut. Ya, begitu pula dengan Roh Kudus. Kita membutuhkan pengenalan Roh Kudus secara benar, agar kita bisa merindukan dan menghargai kehadiranNya dalam kehidupan kita. Kalau kita tidak memiliki pengenalan yang benar, maka Roh Kudus akan sulit bekerja dalam hidup kita.

Youthers, Roh Kudus adalah satu Pribadi. Ia eksis dan nyata, sekalipun tidak dapat diraba secara fisik. Coba saja kita pehatikan angin, ketika angina berhembus, kita tidak bisa melihatnya tetapi kita bisa merasakan hembusannya. Begitulah kira-kira kehadiran Roh Kudus, tidak dapat kita lihat secara kasat mata, tetapi dapat kita rasakan perananNya. Kita harus pahami, bahwa sebagai satu pribadi, Roh Kudus mempunyai pengetahuan, kehendak emosi dan kuasa. Roh Kudus adalah Allah itu sendiri, bagian dari Allah Tritunggal bersama dengan Allah Bapa dan Yesus.

Dalam Alkitab, kata "roh" diterjemahkan dari kata Ibrani ruʹakh dan kata Yunani pneuʹma. Sering kali, kata-kata itu memaksudkan tenaga aktif Allah, atau roh kudus (Kejadian 1:2). Tapi, Alkitab juga menggunakan kata-kata itu untuk menunjuk pada Pribadi Roh (1 Raja 22:21; Yohanes 4:24).

Jadi Youthers, kita tahu sekarang bahwa Roh kudus adalah kuasa Allah yang sedang bekerja, tenaga aktif-Nya. (Mikha 3:8; Lukas 1:35) Allah mengirimkan roh-Nya dengan cara menyalurkan tenaga-Nya ke mana saja untuk melaksanakan kehendak-Nya. (Mazmur 104:30; 139:7).

Bahan Diskusi
Apa yang kita ketahui tentang Roh Kudus? Dari mana pertama kali kita tahu tentang Roh Kudus?