SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN AGUSTUS 2018 #2

12 Aug, 2018

Bahan Bacaan
Galatia 5:16-17, "... hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging - karena keduanya bertentangan - sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki"

Penjelasan Materi
Youthers, berbicara mengenai tugas dan peranan Roh Kudus, kita tidak bisa lepas pada apa yang Alkitab katakan di Perjanjian Lama (PL) dan Perjanjian Baru (PB), mari kita simak penjelasannya:
• Roh Kudus dalam PL
-Terlibat dalam penciptaan Manusia. Dalam PL, tidak terdapat kata Roh Kudus tetapi Roh Allah atau Roh Tuhan (Kej. 1:2, Mz. 104:30). Dari sini kita tahu bahwa Roh Kudus telah ada sebelum segala sesuatu ada dan turut bekerja dalam peristiwa penciptaan, karena Roh Kudus adalah Allah itu sendiri
-Menetapkan orang-orang melakukan rencana Tuhan. Roh Kudus memilih orang-orang untuk melakukan apa yang menjadi rencanaNya, contohnya saja di Alkitab, Roh Kudus memilih Hakim-hakim, Raja-raja untuk melakukan suatu tugas tertentu.
• Roh Kudus dalam PB
-Berperan dalam kelahiran dan pelayanan Yesus. Kita dapat melihat dalam pelayanan Yesus di mana Yesus dikuasai Roh Kudus. Contohnya ketika pencobaan di padang gurun (Matius 4:1-11)
-Berperan dalam kehidupan Gereja, yaitu menuntun manusia ke dalam pertobatan/lahir baru, memberi visi dan misi, memperlenhkapi dan menetapkan orang-orang pilihan dalam Gereja
Dalam kehidupan pribadi kit, Roh Kudus berperan sebagai Penolong, Roh Kebenaran, Roh Penghibur dan sumber kuasa. Maka dari itu Youthers, sebagai murid Kristus, sudah seharusnya kita memiliki hubungan yang erat dengan Roh Kudus dan hidup di dalam Roh, sebagaimana Yesus yang dari awal sampai akhir pelayanan-Nya di bumi, Tuhan Yesus bersandar sepenuhnya pada Roh Kudus. Sejak Roh Kudus turun keatas Tuhan Yesus di Sungai Yordan, semua pelayanan dilakukan-Nya di dalam kuasa Roh Kudus.
Youthers, Biarlah dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, kita menyerahkan hidup kita untuk senantiasa dipimpin oleh Roh Kudus. Hidup dipimpin Roh artinya kita menaklukkan kehendak bebas yang kita miliki kepada pimpinan Roh Kudus sehingga mengakibatkan apa yang tidak mungkin kita lakukan dapat dilakukan karena pertolongan dan bimbingan Roh Kudus. Seseorang yang menyerahkan dirinya untuk dipimpin oleh Roh akan terlihat nyata dalam dirinya, yaitu hidupnya ada dalam kemenangan (Gal 5:16), hidupnya memiliki kuasa (Kisah 1:8) dan mutu (Galatia 5:22-23).
Bahan Diskusi
Dalam kehidupan kita sehari-hari, peranan Roh Kudus seperti apa saja yang kita