SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN FEBRUARI 2019 #2

10 Feb, 2019

Minggu 2
KETIKA KITA MEMILIH BERTEKUN
(PERSEVERANCE VS GIVING UP - BERTEKUN VS MENYERAH PART 2)

Bahan Bacaan
Ibrani 10:36 , "Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu"

Penjelasan Materi
Youthers, pada Minggu ke-1, kita sudah membahas tentang pentingnya memiliki tujuan hidup dan sikap pantang menyerah dalam mencapai tujuan tersebut. Pada Minggu ke-2, kita akan membahas mengenai pentingnya seebuah ketekunan, karena ketekunan adalah faktor penting untuk kita dapat sampai pada tujuan. Tekun adalah keputusan atau ketetapan hati yang teguh untuk bersungguh-sungguh, rajin, dan tuntas dalam melakukan apa pun. Jadi, orang yang memilki ketekunan, tidak mudah mendua hati. Melainkan selalu fokus, konsisten dan tidak mudah putus asa terhadap apa yang sedang dikerjakannya.
Youthers, banyak orang Kristen yang sangat merindukan agar janji-janji Tuhan dalam hidupnya dapat mereka peroleh ketika kehendak Tuhan sudah mereka lakukan, tetapi pada kenyataannya, janJi-janji Tuhan belum tergenapi atas hidup mereka. Akhirnya, banyak yang mengalami kekecewaan, menyalahkan keadaan dan juga Tuhan. Tetapi sadarkah, kita bahwa sekalipun telah melakukan kehendak Tuhan, namun jika tidak disertai ketekunan, maka janji-janji-NYA tidak akan diperoleh, seperti yang dikatakan Firman Tuhan dalam Ibrani 10:36 , "Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu". Jadi, ketekunan adalah unsur terpenting dalam setiap keberhasilan.
Firman Tuhan dalam Lukas 8:15 juga mengingatkan kita, bahwasannya hanya orang yang tekun sajalah yang akan menghasilkan buah, bahkan dalam Yakobus 5:11 dikatakan berbuah dengan porsi ganda. Jangan heran Youthers, jika hari-hari ini hidup kita seolah tidak menghasilkan, karena bisa jadi kita tidak menerapkan ketekunan dari apa yang kita kerjakan dalam kehidupan sehari-hari.
Youthers, marilah kita terus bertekun dalam menjalani panggilan hidup kita, dalam melakukan segala aktivitas kita, dalam melakukan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada kita dengan tidak mudah menyerah dan terus berusaha melakukan yang terbaik di saat terburuk.

Ketekunan akan membentuk kita menjadi pribadi tahan banting, yang pandai melihat peluang di
tengah penghalang dan buahnya adalah keberhasilan.

Bahan Diskusi
Coba renungkan kecenderungan hati kita, apakah lebih condong ke hal-hal praktis, cepat dan instan atau setia dengan setiap proses kehidupan?