SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN JUNI 2018 #1

03 Jun, 2018

KASIH

Bahan Bacaan
1 Korintus 13:1-13, 1 Yohanes 4:7-21

Penjelasan Materi
Youthers, dalam dua bulan ke depan ini kita akan membahas tentang Buah Roh. Dari Galatia 5:22, kita tahu ada 9 buah Roh dalam kekristenan. Tetapi menarik untuk kita cermati lebih lagi, bahwa urutan pertama buah roh yang tercantum dalam Alkitab adalah Kasih. Mengapa Kasih? Perhatikan 1 Korintus 13:13, "Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih." Hal ini menunjukkan bahwa di dunia ini yang paling terbesar adalah Kasih. Ia menempati urutan tertinggi dari segalanya, yang paling besar, paling kuat dan paling mendalam.

Kita harus tahu Youthers, bahwa identitas utama Orang Kristen itu adalah Kasih, karena Allah adalah kasih itu sendiri. Untuk itu jika kita mengaku anak Tuhan sudah seharusnya kita saling mengasihi dan mendasari segala perkataan, pikiran dan perbuatan kita dengan Kasih seperti yang dikatakan Firman Tuhan dalam 1 Yohanes 4:7-8, "Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih."

Youthers, Allah sudah menyatakan kasihNya kepada kita kita dengan mengaruniakan AnakNya yang Tunggal, Yesus Kristus untuk masti di kayu salib menebus dosa kita, seperti yang dikatakan firman Tuhan dalam Roma 5:8 dikatakan, "Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa", maka sudah seharusnya kita juga harus menerapkan kasih dalam setiap kehidupan kita. Mungkin kita bisa saja berbuat baik kepada orang lain, kita menolong orang lain secara materi, daya dan usaha , kita memberikan waktu dan memaksimalkan karunia kita untuk melayani, tetapi jika kita tidak menggunakan kasih, itu semua sia-sia. Apalagi jika ada maksud terselubung dari setiap perbuatan baik yang kita lakukan, misalnya untuk pamer, untuk tenar dan dikenal sebagai orang baik oleh banyak orang, maka semuanya tidak berkenan di hadapan Tuhan.

Percayalah, tanpa kasih segala perbuatan manusia, sehebat apapun, tidak ada artinya di mata Tuhan, seperti yang diingatkan Firman Tuhan dalam I Korintus 13:1-3, "Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku."

Kasih mengalahkan segala sesuatunya. Untuk itu Youthers, marilah melakukan sesuatu hal dengan kasih akan membawa berkat dan dampak yang besar bagi orang disekitar kita.

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati, ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Sudah kah Youthers memiliki ciri-ciri kasih ini?


Bahan Diskusi
Dari ciri-ciri kasih dalam dalam 1 Korintus 13:4-10, mana sajakah yang sudah kamu miliki? Apa yang membuatmu sulit untuk mempraktekkan kasih dalam kehidupan sehari-hari?