SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN JUNI 2018 #2

10 Jun, 2018

SUKACITA

Bahan Bacaan
Filipi 4:4, "Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!"

Penjelasan Materi
Youthers, mengawali bahan ini mari kita renungkan dalam hati masing-masing, dalam keadaan bagaimanakah kita lebih sering merasakan sukacita, apakah dalam keadaan senang? Atau dalam keadaan sedih? Tentunya sebagian besar orang akan menjawab dalam keadaan senang, diberkati berlimpah-limpah mereka lebih dapat merasakan sukacita, lebih mudah bersyukur dan terasa bahagia, karena jika dalam keadaan sedih, susah, kesulitan ekonomi dan ditimpa kemalangan, kebanyakan orang akan bersungut-sungut, kehilangan sukacita dan jauh dari rasa syukur? Mungkin kita bertanya, lalu bagaimana posisi kita sebagai anak Tuhan dalam menyikapi perihal sukacita? Apakah anak Tuhan tidak boleh bersedih? Bukankah wajar jika manusia mengalami kesedihan?

Youthers, jika kita meletakkan sumber sukacita hanya dari materi dan situasi yang mendukung, maka sukacita yang kita rasakan tidak akan bertahan lama, karena itu hanya sukacita sementara. Berbeda jika kita meletakkan Tuhan sebagai sumber sukacita yang sejati, maka sukacita yang kita rasakan akan bersifat permanen karena sukacita dari Tuhan adalah sukacita di segala situasi, yang tidak dipengaruhi keadaan, tidak dipengaruhi oleh orang lain, melainkan bersumber Roh Kudus yang bekerja di dalam kita.

Firman Tuhan dalam Filipi 4:4 mengingatkan kita untuk senantiasa bersukacita, apapun yang terjadi kita harus terus bersukacita. Tuhan menginginkan kita untuk selalu bersukacita didalam-Nya, skalipun keadaan yang kita alami sedang sulit dan proses yang kita alami berat. Mungkin Youthers bertanya, bagaimana mungkin aku bisa bersukacita jika keadaanku sulit? Bisa! Jika kita memiliki persekutuan yang intim dengan Tuhan, hidup seturut FirmanNya dan kita undang Roh Kudus untuk memimpin hidup kita, maka kita akan dimampukan untuk memiliki sukacita Ilahi

Jika sukacita ada dalam hidup kita maka berkat Tuhan pasti akan tercurah bagi kita. Sukacita juga erat kaitannya dengan bersyukur. Dengan rasa sukacita yang Tuhan beri maka kita dapat lebih mengerti hidup kita dan mensyukurinya.

Bahan Diskusi
Apa yang membuat orang Kristen gagal untuk bersukacita dan bersyukur dalam keadaan sulit?