SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN JUNI 2018 #4

24 Jun, 2018

KESABARAN

Bahan Bacaan
Amsal 16:32, "Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota."

Penjelasan Materi
Youthers, tentunya kita pernah dengar istilah "Kesabaran itu ada batasnya". Pertanyaannya, bagaimana posisi kita sebagai orang percaya perihal kesabaran, apakah kita yang adalah manusia biasa juga punya batas kesabaran, atau karena kita sudah menjadi pengikut Kristus maka seharusnya kita memiliki sikap panjang sabar yang tidak terbatas?

Youthers, perlu kita pahami bahwa kesabaran adalah sebuah kemampuan untuk kita dapat menahan diri untuk tidak gegabah terhadap sesuatu hal/kondisi/seseorang yang membuat kita kesal/marah/tidak suka, untuk tidak membalas sesuatu dengan cara yang salah, untuk tidak terburu-buru bertindak terhadap sesuatu belum jelas duduk permasalahannya, untuk menerima sesuatu hal yang mengecewakan diri kita dengan prinsip Firman Tuhan, untuk memiliki jiwa besar menerima situasi yang tidak kita inginkan namun sudah terjadi tanpa marah tanpa bersungut tanpa menyalahkan Tuhan. Mungkin bagi sebagian besar orang, sangatlah sulit menjalankan hal-hal tersebut karena kegeoisan, kesombongan dan gaya hidup instan yang sudah menjamur dalam kehidupan manusia di mana semua ingin serba cepat tanpa harus menunggu lama. Apakah sikap itu benar dihadapan Tuhan? Mari kita lihat jawabannya sesuai dengan Firman Tuhan

Firman Tuhan dalam Roma 12:12 mengatakan, "Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!" Youthers, hal ini menegaskan kita bahwa kesabaran harus kita miliki karena ini adalah mandat dari Tuhan sendiri. Tuhan memberi pengajaran untuk kita bersabar dalam masa kesesakan/ masa sulit dalam kehidupan ini, karena manusia seringkali mengeluh saat sedang masa sulit, menyalahkan orang lain bahkan menyalahkan Tuhan. Jika kita mau mengerti, sebenarnya Tuhan memberi kesesakan dalam hidup kita supaya dalam hidup kita mampu bersabar untuk suatu perubahan yang lebih baik nantinya.

Youthers, maka dari itu, berdoalah untuk meminta Roh Kudus membantu kita untuk bisa bersabar. Dengan memintanya pasti Roh Kudus akan memberikan kesabaran pada kita Tuntutlah diri kita untuk menjadi seorang yang bertumbuh dewasa dalam Tuhan dan milikilah keyakinan bahwa Tuhan memegang kendali dan walaupun keadaan yang kita alami begitu menekan kita, tetap bertahan.

Bahan Diskusi :
Apa yang menjadi tantangan terbesar kita dalam menerapkan kesabaran dalam kehidupan sehari-hari?