SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN JUNI 2019 #1

02 Jun, 2019

YESUS PENUH PENGAMPUNAN SEKALIPUN SERING MENGALAMI PENOLAKAN
(FORGIVENESS VS REJECTION PART 1)

Bahan Bacaan
Markus 6:4
, "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya."

Penjelasan Materi
Youthers, Yesus bergaul karib dengan semua orang. Ia tidak pernah mengkotak-kotakkan manusia dari harta, rupa dan jabatan semata. Yesus terkenal sebagai Pribadi yang penuh pengampunan di tengah orang-orang Yahudi pada zamanNya yang dengan mudah menolak dan mengucilkan orang berdosa, bahkan Ia sendiri pun ditolak. Ya, dalam masa pelayananNya, Yesus sering mendapatkan penolakan dan penganiayaan dari orang Yahudi yang membencinya. Lalu bagaimana Yesus menyikapinya?

Youthers, perhatikan Matius 11:20-26 mengenai kisah "Yesus mengecam beberapa kota", dikisahkan sekalipun Yesus memberi kecaman terhadap kota-kota yang menolakNya (Mat 11:20-24), Ia tetap berdoa untuk mereka (Matius 11:25-26). Perhatikan pula Markus 6:1-6, "Kemudian Yesus berangkat dari situ dan tiba di tempat asal-Nya, sedang murid-murid-Nya mengikuti Dia.. Lalu mereka menolak Dia. Kemudian Yesus berkata kepada mereka, "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya.. Ia merasa heran karena mereka tidak percaya. Lalu Yesus berjalan keliling dari desa ke desa sambil mengajar." Ya, bahkan di tempat asalnya sendiri , Yesus masih juga mengalami penolakan. Penduduknya terlalu meremehkan Yesus, karena mereka hanya berfokus pada latar belakang Yesus yang berasal dari keluarga sederhana tanpa keistimewaan apapun. Bahkan hal ini sudah dinubuatkan Nabi Yesaya yang berkata tentang Yesus dalam Yesaya 53:3"Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan."

Youthers, satu hal yang dapat kita petik dari kisah penolakan yang dialami Yesus adalah sekalipun tantangan dan penolakan berulang kali dialami oleh Yesus, namun Ia tetap menggenapkan rencana Allah atas hidupNya. Yesus mengampuni setiap mereka yang menolakNya, Ia tidak membenci dan mendendam, melainkan terus melanjutkan panggilan hidupNya. Sampai sekarang Yesus masih mengalami penolakan oleh banyak orang termasuk oleh orang orang Yahudi yang menantikan mesias lain menurut konsep mereka sendiri, tetapi jangan sampai kita sendiri yang "menolak Yesus" karena sikap hidup yang tidak berkenan dan tidak sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan.

Bahan Diskusi:
Bentuk penolakan apa yang kita pernah alami dan bagaimana cara kita mengatasinya?