SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN JUNI 2019 #2

09 Jun, 2019

PENTINGNYA MENGAMPUNI SAAT MENGALAMI PENOLAKAN
(FORGIVENESS VS REJECTION PART 2)

Bahan Bacaan
Kolose 3:13
, "Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian." 

Penjelasan Materi
Youthers, mungkin kita bertanya mengapa kita harus mengampuni? Jawabannya karena kita terlebih dahulu sudah diampuni. Perhatikan kalimat ini doa Bapa Kami dalam Injil Matius 6:12, "dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami. Ya, kita meminta Tuhan mengampuni kesalahan-kesalahan kita, sama seperti kita mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Jadi bagaimana mungkin kita memohon pengampunan kepada Tuhan jika kita sendiri saja tidak mau mengampuni sesame kita?

Youthers, dalam Matius 6:14-15 Yesus berkata, "Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu." Dari ayat ini, kita tahu betapa luar biasanya belas kasihan Tuhan dalam mengampuni kita, maka harusnya kita menyadari bahwa kita tidak berhak menahan anugerah ini dari orang lain yang harusnya menerima pengampunan dari kita atas kesalahannya terhadap kita.

Janganlah kita menyimpan kesalahan orang-orang yang pernah menolak kita, ampunilah mereka sebagaimana Tuhan mengampuni kita. Mengampuni adalah sifat dari Ilahi, kita berasal dari yang Ilahi, artinya kita akan diberi kemampuan Tuhan untuk mengampuni. Ingat Youthers, kita tidak akan pernah menikmati anugerah Allah kecuali ketika kita mengakui dosa kita dan meminta pengampunan dari-Nya. Kita tak akan pernah menyerupai Kristus, kecuali demi Kristus, kita mengampuni dan membebaskan mereka yang berdosa terhadap kita

Bahan Diskusi
Bagaimana kita dapat memaafkan mereka yang sudah bersalah kepada kita?