SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN JUNI 2019 #4

23 Jun, 2019

BERLAPANG ATAS PENOLAKAN & MENGUTAMAKAN TUHAN
(FORGIVENESS VS REJECTION PART 4)

Bahan Bacaan
Efesus 4:32, "Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu

Penjelasan Materi
Youthers, sebagai orang percaya yang telah "dilahirkan kembali", sadarilah bahwa Roh Kudus berdiam dalam kita. Jangan sampai, hanya karena kita pernah mengalami penolakan, maka kita berpikir kita tidak berharga dan kehilangan kesempatan. Pahami bahwa setiap kita telah diperlengkapi sepenuhnya, melalui kuasa Roh Kudus, untuk menggenapi rencana Tuhan atas kita dan seperti yang Firman Tuhan katakan dalam Filipi 4:13,"Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.", maka percayalah bahwa dampak dari penolakan yang kita alami, semuanya dapat kita lewati, oleh karena kekuatan yang Tuhan beri.

Youthers, harus kita ketahui bahwa penolakan bisa jadi merupakan bagian dari rencana Tuhan bagi kita. Firman Tuhan mengatakan bahwa segala sesuatu bekerja bersama untuk kebaikan kita ketika mau mengasihi Allah, "Dan, kita tahu bahwa segala sesuatu bekerja bersama-sama demi kebaikan orang-orang yang mengasihi Allah, yaitu mereka yang dipanggil sesuai dengan rencana Allah" (Roma 8:28) Dan pergunakan sebagai ajang untuk kita mengintrospeksi diri, jujurlah untuk menilai tindakan, sikap, dan tanggapan kita terhadap orang lain untuk melihat apakah ada alasan yang tepat sehingga kita mengalami penolakan, lalu jadikan itu pemicu untuk kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Mari Youthers, atasi ketakutan-ketakutan dalam hidup kita akan penolakan dengan mengutamakan Tuhan. Perhatikan Kisah Para Rasul 5:29, diceritakan ketika para murid dipenjarakan dan diancam oleh pihak berwenang karena keteguhan mereka untuk Injil, mereka justru menyatakan: "Kami harus lebih menaati Allah daripada manusia" Kiranya penolakan yang kita alami membuat kita lebih menguatamakan Tuhan lebih lagi.

Bahan Diskusi :
Berkat rohani apa yang kita pernah rasakan dari sebuah penolakan?