SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN MARET 2019 #2

10 Mar, 2019

BUAH DARI SEBUAH KESABARAN
(PATIENCE VS RESTLESSNESS - KESABARAN VS KERESAHAN PART 2)

Bahan Bacaan
Amsal 16:32
, "Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya melebihi orang yang merebut kota."

Penjelasan Materi
Youthers, dalam menjalani tantangan dan pergumulan hidup ini kita akan selalu diperhadapkan pada dua pilihan, mau bersabar atau resah dan marah. Setiap pilihan tentunya akan ada konsekuensi yang harus kita tanggung. Baiknya, setiap pilihan dalam hidup kita, berdasar pada sudut pandang kebenaran Firman Tuhan. Firman Tuhan dalam Amsal 16:32, mengatakan "Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya melebihi orang yang merebut kota." Betapa luar biasanya predikat yang dikatakan Firman Tuhan mengenai orang yang hidupnya penuh kesabaran, yaitu seperti seorang pahlawan. Orang yang penyabar pastinya dapat menguasai dirinya, dan dikatakan bahwa ia melebihi orang yang merebut kota. Youthers, menjadi orang yang sabar memang tidak enak, sangat melelahkan, penuh pengorbanan dan kadang membuat kita sedih, mendapat perlakuan yang tidak baik dari orang lain, harus mengalah dan rasa tidak menyenangkan lainnya tetapi jangan kuatir, karena kesabaran selalu membuahkan hal yang baik dan benar yang membawa kita pada keberuntungan, keberhasilan dan kesuksesan. Percaya bahwa Tuhan bisa memakai situasi buruk untuk menguji hati dan respon kita. Setiap perlakuan buruk sesungguhnya menguji kualitas hati kita dan menjadikan kita semakin dewasa secara rohani.

Mari kita teladani kesabaran dari tokoh Daud dalam 2 Samuel 16. Dikisahkan bahwa Daud yang mendapatkan perlakuan buruk ketika ia dan para pengikutnya melarikan diri dari Absalom. Di tengah jalan, Simei, yang termasuk salah satu keluarga Saul, datang dan melempari rombongan Daud dengan batu serta mengucapkan kata-kata kutuk. Abisai, salah seorang pengikut Daud, meminta izin untuk memenggal kepala Simei, namun Daud menegur Abisai dan membiarkan Simei terus mengutuk. Pada ayat ke-12, Daud berkata, "Mungkin TUHAN akan memperhatikan kesengsaraanku ini dan TUHAN membalas yang baik kepadaku sebagai ganti kutuk orang itu pada hari ini.". Youthers, di sini dapat kita perhatikan bahwa Daud menunjukkan kesabarannya dengan perkataan tersebut dan pada akhirnya Tuhan menyertai Daud dan membuatnya berhasil. Youthers, marilah kita melatih diri kita untuk memiliki kesabaran, sebab buah dari kesabaran adalah keberhasilan. Kapan kita menuai buah dari kesabaran kita? Bersabarlah, karena Tuhan pasti akan memberikannya di waktu yang tepat

Bahan Diskusi
Mengapa Anda perlu bersabar dalam menghadapi permasalahan Anda? Apa saja keberhasilan yang Anda raih ketika anda memilih untuk bersabar menghadapi pergumulan hidup?