SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN MARET 2019 #4

28 Apr, 2019

MENCAPAI GARIS AKHIR PERTANDINGAN IMAN & MENJADI PEMENANG
(COURAGE VS FAINT HEARTEDNESS PART 4)

Bahan Bacaan
2 Timotius 4:7-8, "Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan,  Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatanganNya."

Penjelasan Materi
Youthers, ketahuilah jika salah satu karakter yang dimiliki oleh orang-orang besar adalah memiliki keberanian bukan rasa takut. Keberanian yang positif dapat membawa kita pada kemampuan untuk bermimpi besar, memiliki tujuan yang jelas dan bertindak untuk mencapai tujuan tersebut, sedangkan ketakutan-ketakutan yang kita miliki, justru akan menjauhkan kita dari keberhasilan dan rencana Ilahi. Keberanian membawa kita pada suatu prestasi yang hebat dan berdampak baik bagi orang lain. Di dalam Alkitab, dikisahkan bagaimana tokoh-tokoh iman berikut memiliki keberanian Ilahi yang membawa mereka kepada keberhasilan dan kemenangan:

  • Keberanian Daud melawan Goliat membawanya kepada kemenangan
  • Keberanian Yosua berhasil menyeberangi sungai Yordan dan menyerbu Kanaan membuat Kanaan dapat ditaklukan
  • Keberanian Gideon untuk menyaring pasukannya hingga tersisa hanya 300 orang sesuai perintah Tuhan, membawanya pada keberhasilan menaklukkan Amalek

Dan masih banyak lagi tokoh Alkitab yang memiliki keberanian Ilahi dan tercatat mengalami keberhasilan dan kemenangan. Dalam bahan bacaan kita di Minggu ini di 2 Tim. 4:7-8, diceritakan bahwa Paulus tahu jika hidup ini adalah seperti suatu pertandingan lari atau marathon yang akan membawanya ke garis akhir. Pertanyaannya, apakah yang kita lakukan selama pertandingan tersebut? Apakah kita berlari dengan baik dan berfokus pada garis akhir? Atau asal-asalan saja? Atau dipenuhi rasa takut dan kuatir kalau sampai tidak mencapai garis akhir dan kalah? Youthers, yang harus kita lakukan saat menjalani pertandingan iman kehidupan ini adalah membuang segala ketakutan, kekuatiran, kecemasan, hal-hal buruk lainnya kemudian menyerahkan itu semua kepada Tuhan dan dengan penuh keberanian kita fokus melangkah, berlari pada satu tujuan akhir yang harus kita capai.

Youthers, sudahkah kita mempersiapkan diri kita untuk bertanding dengan baik? Sudahkah kita benar-benar fokus untuk menuju garis akhir ? Mungkin ada di antara kita yang memiliki awal yang kurang baik, tetapi selama kita berusaha untuk mengakhiri pertandingan dengan baik, pasti Tuhan akan berkenan atas usaha kita. Buang rasa takut, berjalan dalam keberanian Ilahi dan raih kemenangan sejati.

Bahan Diskusi :
Seringkali manusia takut akan masa depan dan apa yang akan terjadi padanya. Bagaimana cara mengatasinya menurut anda?