SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN MEI 2018 #1

01 May, 2018

JANGAN JADI ORANG KRISTEN YANG "GAPTEK"

Bahan Bacaan
Amsal 1:5, "Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan"

Penjelasan Materi
Youthers, dunia ini selalu berubah dengan perkembangan zaman yang semakin canggih. Mungkin kita bertanya, bagaimana posisi kita sebagai anak muda Kristen dalam meresponi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin hari semakin maju ?

Harus kita pahami Youthers, bahwa Perkembangan teknologi memang tak mungkin kita tolak. Jika kita tolak, yang ada kita malah bisa tertinggal, akan kesulitan sendiri bahkan akan mengalami kemunduran, sedangkan banyak orang yang bisa maju dan sukses karena memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut. Misalnya saja:
- Penggunaan uang elektronik dalam pembayaran tol, kereta dll. Kita harus mau mengikuti perubahan peraturan dari pemerintah ini, jika tidak mau maka kita sendiri yang akan kesulitan dan menjadi repot
- Menjamurnya toko online yang menawarkan harga jauh lebih murah dibandingkan toko retail, yang membuat konsumen dengan budget terbatas akan beralih ke toko online.
- Pembayaran/transaksi apapun yang dilakukan dengan e-banking/ m-banking sehingga kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk ke Bank
- Berkembangnya akun media sosial. Hal ini membuat banyak orang, entah rekan pelayanan kita, adik rohani kita, keluarga kita dan teman kita yang lebih mengumbar kesehariannya, menceritakan kegiatannya mengutarakan masalahnya dan meng-update segala hal yang terjadi dalam hidupnya di akun mereka masing-masing daripada komunikasi secara langsung kepada kita.

Contoh-contoh di atas membuat kita tidak bisa hanya diam di tempat ketika jaman bergegas berlari menuju sebuah perubahan yang lebih baik, melainkan membuat kita mau tidak mau harus menyesuaikan, mengikuti perkembangan zaman, dan tidak bersikap terlalu kaku dan tabu terhadapnya.

Perhatikan bahan bacaan kita hari ini dalam Amsal 1:5, "Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan" Dari ayat ini kita bisa lihat bahwa Tuhan sebenarnya menghendaki kita manusia untuk terus mengembangkan diri, menambah ilmu dan pengertian. Kita sebagai orang Kristen tetap menerima segala kemajuan IPTEK yang ada dengan dasar Iman Kristen, yaitu takut akan Tuhan. Hal ini berarti bahwa kita tidak perlu menjauhi IPTEK tapi justru terus mengembangkannya menjadi lebih baik lagi. Jadi kita jangan jadi anak muda yang gaptek tetapi jadilah anak muda yang melek teknologi.

Akan tetapi Youthers, satu hal yang harus kita sadari betul, memang banyak hal positif dari kemajuan teknologi yang memudahkan kita, namun tidak sedikit pula dampak negatif darinya. Kita harus tetap bijak dalam menyikapinya dengan berpegang pada Firman Tuhan sebagai rambunya. Mengenai bahaya teknologi, kita akan membahas bahaya teknolgi pada Minggu ke-3.

Bahan Diskusi
1. Teknologi dan kemajuan zaman apa saja yang sudah kita ikuti sampai detik ini?
2. Ceritakan dampak negatif dan positif dari pertanyaan no. 1? Mana yang lebih banyak?