SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN MEI 2018 #3

14 May, 2018

BAHAYA TEKNOLOGI

Bahan Bacaan
Roma 12:2, "Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna"

Penjelasan Materi
Youthers, melanjutkan pembahasan kita pada Minggu ke-2 tentang perkembangan teknologi dan sikap kita sebagai anak muda Kristen dalam menyikapinya, maka pada Minggu ke-3, kita akan membahas bahaya dari teknologi yang ada, supaya membuat kita juga waspada dan lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Tidak perlu jauh-jauh mencontohkannya, kita lihat saja pada sisi bahaya dari smartphone:
- Salah satu acara di channel National Geographic pernah menampilkan tayangan hasil penelitian terhadap sejumlah keluarga terkait dengan dampak buruk dari kemajuan teknologi telekomunikasi, terutama gadget, bagi anggota keluarga. Kemudian dalam tayangan tersebut diceritakan bagaimana seluruh anggota keluarga berkomunikasi melalui gadget, padahal mereka semua saat itu masih berada di dalam rumah. Inilah salah satu bahaya dari teknologi yang membuat kita menjadi enggan berkomunikasi langsung dan lebih mengandalkan chatt saja.
- Hampir semua orang dari mulai menengah ke bawah sampai menengah ke atas memiliki handphone/smartphone, apalagi saat ini dengan uang ratusan ribu saja kita dapat memiliki smartphone canggih. Ada contoh kasus yang dilansir dalam sebuah berita online, dikabarkan bahwa ada pelajar SMP dan SMA yang harus mendapatkan penanganan khusus, karena didiagnosis sementara oleh dokter spesialis jiwa di rumah sakit setempat, karena mengalami guncangan jiwa akibat kecanduan smartphone. Belum lagi ada berbagai kasus asusila yang melibatkan anak muda gara-gara konten pornografi yang disalahgunakan, kasus kecanduan games online dll. Semua itu dikarenakan internet yang sangat mudah di akses pada smartphone mereka itu telah disalahgunakan.
- Teknologi juga dapat membuat manusia semakin malas, karena menjadi terlalu bergantung pada kemudahan -kemudahan yang ditawarkan, sehingga banyak hal dapat dikerjakan dengan cepat dan instan, tanpa mereka harus mengeluarkan effort lebih. Teknologi juga membuat manusia lebih konsumtif dan hidup berlebihan. Terkadang agar diakui dan dipandang berada oleh orang sekitarnya, ada saja yang rela terus mengikuti perkembangan zaman dengan membeli keluaran terbaru dari produk-produk elektronik yang ada , padahal itu bukan kebutuhan utama, melainkan hanya sekedar untuk gaya-gayaan saja.

Untuk itu Youthers, tidaklah berlebihan jika kita belajar menerima sebuah perubahan, apapun bentuknya, dengan berpegang pada nasihat Paulus dalam Roma 12:2,"...tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu..." Artinya kalaupun kita harus berubah mengikuti perkembangan zaman, maka perubahan itu harus berdampak positif dan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Sebagai anak-anak muda Kristen, kita memang harus mau mengikuti perkembangan zaman tetapi bukan berarti kita harus menjadi serupa dengan dunia dan jaman. Prinsip-prinsip Firman Tuhanlah yang menjadi rambu bagi kita sebagai penikmat teknologi. Jika kemajuan teknologi membuat kita menjadi anti sosial, menjadi tidak mau berkomunikasi dan bergaul, membuat kita melanggar standard kekudusan Tuhan dan memiliki hubungan makin jauh dari Tuhan, artinya kita telah salah dalam menyikapi kemajuan zaman.

Bahan Diskusi
1. Apakah kita pernah merasakan sendiri bahaya/dampak buruk dari teknologi yang kita gunakan? Ceritakan pengalaman kita?
2. Solusi apa yang kita akan lakukan dalam menyikapi dampak negatif yang ada?