SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN NOVEMBER 2019 #3

17 Nov, 2019

Minggu 3

KERENDAHAN HATI MENDAHULUI KEHORMATAN

(HUMILITY VS PRIDE PART 2)       

Bahan Bacaan

Amsal 8:12, "Tinggi hati  mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan"

Penjelasan Materi:

Kita sudah tahu Youthers, bahwa kerendahan hati merupakan salah satu bagian dari buah Roh. Salah satu tanda kedewasaan rohani adalah memiliki buah Roh termasuk salah satunya buah kerendahan hati atau kelemahlembutan. Sebaliknya, jika hidup kita jauh dari sikap rendah hati dan lemah lembut, maka yang menguasai kita adalah kesombongan dan keangkungan hidup.

Sejak Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa maka dunia ini sudah dikuasai oleh kesombongan dan keangkuhan hidup. Untuk itulah, Yesus datang dengan segala kerendahan hatiNya untuk mengalahkan dan menaklukkan kesombongan tersebut. Karena harus kita ketahui Youthers, sebagaimana kebencian hanya dapat dikalahkan dengan kasih, maka begitu pula kesombongan hanya dapat dikalahkan oleh kerendahan hati.

Pada Minggu 1 dan 2, kita sudah belajar memahami bagaimana sikap hidup Yesus yang rendah hati, membawaNya pada kehormatan demi kehormatan, keberhasilan demi keberhasilan dan kemuliaan demi kemuliaan. Sesuai dengan bahan bacaan kita di Minggu 3 ini, kita akan melihat bagaimana kerendahan hati dapat membawa kita pada kehormatan dan kesombongan serta keangkuhan hidup dapat membawa kita pada kehancuran.

Youthers, jika kita hidup rendah hati dan penuh kerelaan untuk tidak dikenal dan melayani orang lain, maka percaya bahwa kelak Tuhan sendiri yang akan meninggikan dan mendatangkan kepada kita berkat dan promosi kita pada waktuNya yang tepat. Yang harus kita ingat baik Youthers, bahwa promosi-promosi yang kelak datang, itu bukan berasal dari manusia melainkan dari Tuhan, jadi jika Tuhan sendiri yang mempromosikan kita maka tidak ada satupun manusia yang dapat menghalangiNya. Akan selalu ada upah untuk setiap kerendahan hati, akan selalu ada keberhasilan untuk setiap hati yang lemah lembut dan mau dibentuk

Perhatikan firman Tuhan dalam Mazmur 37:11, "Tetapi orang-orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah" Percaya Youthers bahwa janji Tuhan ini pasti akan digenapi dalam hidup kita. Suatu saat kita akan mewarisi negeri ini dan menikmati kesejahteraan yang berlimpah-limpah. Jaminan kita bukan datang dari manusia tetapi datang dari Tuhan.

Youthers, ketahuilah bahwa kerendahan hati adalah salah satu karakter  yang harus terus dilatih terus menerus sampai menjadi kebiasaan. Ingat baik bahwa segala sesuatu yang kita lakukan berulang-ulang akan menjadi kebiasaan kita dan membentuk karakter kita. Bila kita membiasakan diri untuk hidup dalam kerendahan hati maka karakter kerendahan hati akan melekat dalam diri

Bahan Diskusi :

Apakah Anda memiliki pengalaman bagaimana sikap rendah hati membawa hidup anda pada kemenangan demi kemenangan dan kehormatan?