SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN OKTOBER 2019 #2

13 Oct, 2019

AKIBAT TIDAK MAMPU MENGENDALIKAN DIRI (BELAJAR DARI TOKOH ALKITAB)

(SELF CONTROL VS SELF INDULGENCE  PART 2)        

Bahan Bacaan

Amsal 25:28, "Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.

Penjelasan Materi:

Youthers, dari bahan bacaan kita di atas, dapat kita pahami bahwasannya seseorang yang tidak mempunyai penguasaan diri akan selalu rentan terhadap segala sesuatu yang menekan dirinya, orang itu tidak akan sanggup bertahan apabila menghadapi tantangan dan halangan dalam kehidupannya. Apalagi jika ia  yang sedang dilanda panas hati, tentunya dapat terlihat melalui raut mukanya, perkataannya yang keras dan pedas serta tindakannya yang jauh dari pengendalian diri tetapi dekat pada pemuasan diri. Jika tidak dikendalikan dan ditaklukkan dalam Roh Kudus, maka akan cenderung berbuat dosa dan akan membawa pada kejahatan. Alkitab mencatat ada empat orang yang mengalami panas hati dan tidak mampu mengendalikan diri:

1. Pertama, Kain, yang menjadi panas hati terhadap Habel, karena persembahannya tidak diterima oleh Tuhan. Kain tidak dapat menguasai hatinya, sehingga ia merencanakan untuk membunuh adiknya. Kain pun akhirnya membunuh adiknya

2. Kedua, Saul, yang menjadi panas hati terhadap Daud, sehingga dia berupaya untuk membunuhnya. Beruntung, Daud bisa terbebas dari rencana pembunuhan Saul.

3. Ketiga, Haman bin Hamedata, orang Agag, yang merasa dirinya layak untuk dihormati para pegawai dan rakyat .Setiap rakyat dan pegawai yang bertemu dengan Haman diharuskan untuk sujud menyembahnya. Namun, Mordekhai tidak mau menghormati dia. Hal ini membuatnya menjadi panas hati terhadap Mordekhai, sehingga dia merencanakan pemusnahan terhadap orang Yahudi.

4. Keempat, Herodes. Herodes menjadi panas hati ketika mendengar berita bahwa telah lahir raja orang Yahudi di Betlehem. Dia merasa tersaingi dengan kehadiran bayi yang dipercaya akan menjadi raja orang Yahudi. Oleh karena itu, Herodes menyuruh untuk membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya yang berusia 2 tahun ke bawah.

Youthers, dari kisah keempat tokoh Alkitab tersebut kita dapart memetic pelajaran berharga bahwasannya jika kita gagal mengendalikan diri kita dari situasi yang memanas dalam kehidupan sehari-hari, maka kita akan mudah panas hati dan melakukan dosa. Lalu bagaimana agar kita terhindar dari dosa panas hati? Youthers, mintalah Roh Kudus untuk menjaga hati kita supaya jangan timbul akar pahit, termasuk panas hati. Biarlah hati kita didamaikan oleh-Nya, diberikan karunia penguasaan diri sehingga terhindar dari kejahatan, juga tetaplah rajin membaca Alkitab, sebab dengan membaca Alkitab kita diingatkan agar tidak berbuat hal-hal yang dibenci Tuhan.

Bahan Diskusi : Apa yang akan kita lakukan seandainya kita mengalami situasi yang dialami keempat tokoh Alkitab tersebut?