TAHUN PEY

03 Nov, 2019

"Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, dimana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia"

-Efesus 4:29-

PENDAHULUAN

Tgl 29 September 2019 kalender Ibrani memasuki tahun 5780 yang dikenal dengan tahun Pey. Tahun Pey tidak hanya melambangkan tahun yang baru atau dekade yang baru, tetapi juga era yang baru dalam sejarah yaitu Pey menggambarkan sebuah mulut yang dapat diartikan sebagai perkataan, komunikasi, pemberitaan, dan sebagainya. Hari-hari ini Tuhan mengingatkan kita untuk menjaga mulut karena dengan mulut kita dapat berkata yang baik, tetapi dengan mulut yang sama juga kita dapat berkata yang tidak baik yaitu kata-kata yang mengandung kebohongan. Wanita ! perhatikan perkataanmu, tahun ini adalah tahun terobosan karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan dan menurut ucapanmu juga engkau akan dihukum (Matius 12:37).

ISI

Kuasa perkataan sangat berpengaruh dalam hidup kita.

1.     Hidup dan Mati dikuasai Lidah (Amsal 18:21) 

Wanita Allah ! Pada saat kita mengeluarkan kata-kata yang memberkati maka perkataan itu akan membangun dan menguatkan setiap orang yang mendengarnya dan membuat orang disekitar kita diberkati, tetapi jika kita mengucapkan perkataan yang mengandung kutuk maka ucapan itu seperti racun yang menyebar ke seluruh syaraf sehingga melemahkan setiap orang yang mendengarnya dan sangat berdampak negatif bagi kehidupan orang tersebut. Jadi perkatakan yang baik, sehingga bukan hanya diri kita sendiri yang dapat menikmati segala hal-hal yang baik, tetapi setiap orang yang mendengarnya juga akan sangat diberkati. 

2.      Kata-kata yang penuh dengan Kasih (Kolose 4:6)

Kata-kata penuh kasih sehingga membuat orang yang mendengarnya akan bersukacita. Wanita, waktu suami sedang menghadapi permasalahan maka kita harus memberikan perkataan yang penuh kasih kepada suami kita, dengan menyatakan bahwa kita dapat menjalani bersama-sama setiap proses yang Tuhan ijinkan terjadi, percaya bahwa Dia Tuhan yang menolong kita karna pertolonganNya tidak pernah terlambat bagi kita, maka ketika suami kita mendengarkan perkataan tersebut akan mendapatkan kekuatan dan dapat menghadapi persoalan dengan tenang, karna kasih menutupi segala kelemahan, demikian juga kepada anak-anak kita perkatakanlah kata-kata yang dapat membangun. 

3.     Janganlah kamu saling memfitnah (1 Petrus 4:11)

Saat ini orang mudah sekali membuat rekayasa informasi dengan perkataan palsu penuh kebohongan yang dilakukan melalui media sosial, oleh karena itu kita harus bijaksana dalam menggunakan media sosial, terutama saat hendak membagikan sesuatu melalui perkataan yang dituliskan. Jangan membagikan informasi dengan perkataan yang mengandung fitnah dan kebohongan, biar hanya perkataan yang benar yang kita perkatakan dan dijauhkan dari kata yang memfitnah. Perkataan orang bodoh mengeluarkan kata-kata yang negatif dan itu berbalik menjadi dampak bagi dirinya sendiri, oleh sebab itu hiduplah dengan rasa takut hormat akan Tuhan sehingga kehidupan kita senantiasa dipimpin oleh Roh Kudus.

PENUTUP

Wanita, dalam tahun Pey kita harus bijaksana dan berhati-hati dalam berbicara karena perkataan orang benar dapat membangun tetapi juga dapat melemahkan bahkan dapat menghancurkan, setiap perkataan yang diucapkan bila tidak sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan maka akan ada konsekuensinya, seperti Firman Tuhan berkata di dalam Matius 12:36 "Tetapi Aku berkata kepadamu : Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman".