THE MOST IMPORTANT CHOICE

02 Jun, 2019

.." kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu " ( Ulangan 30:19b)

Life is a CHOICE. Hidup sendiri adalah sebuah PILIHAN ,  dan PILIHAN dalam hidup kita menentukan kehidupan atau kematian, berkat atau kutuk. TUHAN memberi sugestion supaya kita memilih kehidupan. Sebab itu, jangan salah menentukan PILIHAN.

Di Taman Eden ada Pohon Kehidupan, namun manusia pertama Adam dan Hawa telah salah pilih, dengan memakan buah dari Pohon Kematian. Bagaimana dengan Anda?

TUHAN menciptakan manusia lengkap dengan free will , kehendak bebas, atau kuasa untuk menentukan PILIHAN, supaya ia tidak mati melainkan hidup.

Hidup itu sendiri ada 3 macam level. Pertama, hidup asal masih bernafas.Ini adalah level pengertian hidup yang terlalu basic.Di Ruang ICU, kita bisa dapati level hidup seperti ini. Kedua, yakni hidup level lumayan. Ketiga, adalah level hidup yang berkelimpahan. Hidup yang mana Anda pilih ?

Tuhan Yesus berkata, "AKU datang supaya mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan" (Yohanes 10:10).

Supaya Anda dapat memiliki hidup seperti yang TUHAN kehendaki, yakni hidup "zoe" dan bukan sekedar hidup atau bios, apalagi kematian, setidaknya ada 3 PILIHAN Terpenting bagi kehidupan Anda :

Seeking GOD
Mencari TUHAN

.."Carilah TUHAN, maka kamu akan hidup.." (Amos 5:6a)

Banyak orang terutama di dunia kerja, berpikir bahwa supaya hidup memilih mencari uang,mencari popularitas, mencari kedudukan, dan terobsesi mencari sukses atau keberhasilan. Mereka lupa mememilih prioritas yang utama dan terutama, yakni TUHAN.

Alkitab berkata, "Carilah Kerajaan Allah dan segala kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu" (Matius 6:33).

Pemazmur berkata, "Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu!" (Mazmur 105:4 ).

Beberapa orang mengaku percaya kepada Allah, padahal kenyataannya yang mereka sembah ada allah yang lain: Mamon alias UANG.

Yosua ketika memimpin umat TUHAN untuk menerobos kehidupan di negeri yang baru, dengan tegas mengajak umat TUHAN menentukan PILIHAN terpenting ini :

"Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, PILIHLAH pada hari kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi, aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah ke pada TUHAN! " ( Yosua 24 : 15 ).

PILIHAN Terpenting pertama bagi kehidupan Anda adalah : Mencari TUHAN.

Knowing GOD
Mengenal TUHAN
.."Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah.." (Hosea 4:6a)

Binasa, mengalami kematian, berarti tidak dapat menikmati kehidupan. Sangat disayangkan bila hal itu terjadi kepada orang yang bukannya tidak 'tahu' tentang Allah, melainkan karena mereka tidak 'mengenal' DIA. Kata 'mengenal' (ginosko, Gerika ) di sini yang dimaksudkan adalah bukan sekedar 'tahu', melainkan 'sungguh-sungguh mengenal' atau 'mengenal dengan dalam seperti kita juga dikenal'. Kata ginosko ini sering digunakan untuk menggambarkan hubungan yang intim yang terdalam antara sepasang suami dan isteri. Ginosko berarti "to know by experience", mengenal karena mengalami, dan bukan karena kata orang.

"Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN ; IA pasti muncul seperti fajar, IA akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi" ( Hosea 6 : 3 ).

Bukanlah hal yang mudah ketika Anda menghadapi musim kehidupan yang seolah 'kering tanpa hujan' dan pula bukan hal gampang untuk tetap percaya kepada TUHAN ketika Anda seolah sedang berada dalam situasi 'malam yang semakin kelam', kecuali Anda sungguh-sungguh mengenal TUHAN seperti apa yang Anda kenal. Jelas dan sangat logis, kita pasti tidak mungkin gambling mempercayakan sesuatu kepada seseorang yang tidak sungguh-sungguh kita kenal, bukan ?

Sementara beberapa orang memilih menyerah dan sebagian orang lainnya memilih untuk mengandalkan kekuatannya sendiri, orang yang ginosko yang sungguh mengenal TUHAN, akan melihat 'fajar kehidupan' dan menikmati 'hujan pada akhir musim yang mengairi bumi'.

Bagaimana caranya ? Untuk mengenal TUHAN dengan benar, kita tidak mungkin memakai cara dan hikmat kita sendiri. Melainkan kita memerlukan 'Roh Hikmat dan Wahyu', yakni ROH KUDUS untuk memampukan kita mengenal DIA dengan benar :

"..supaya IA memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal DIA dengan benar" (Efesus 1:17b).

PILIHAN ke-2 yang terpenting bagi kehidupan Anda adalah : Mengenal TUHAN.

Loving GOD
Mengasihi TUHAN

"..sehingga engkau mengasihi TUHAN,Allahmu, dengan segenap hatimu dengan segenap jiwamu, supaya engkau hidup" (Ulangan 30:6b)

PILIHAN Terpenting berikutnya bagi kehidupan Anda adalah untuk hidup mengasihi TUHAN. Anda mau memilih mana : mengasihi TUHAN atau dunia ini ?. Tidak boleh pilih dua, karena bila Anda mau kehidupan, pilihannya hanya satu saja: "Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya.Sebab jika orang mengasihi dunia, kasih akan Bapa  tidak ada di dalam orang itu" (1Yohanes 2:15-17).

Alkitab berkata :
"..PILIHLAH kehidupan,supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu, dengan mengasihi TUHAN Allahmu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya, sebab hal itu berarti hidupmu dan lanjut umurmu untuk tinggal di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu,  yakni kepada Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka" (Ulangan 30:19b-20).

Berikut ini adalah 3 ciri bahwa Anda mengasihi TUHAN :

Pertama, pastikan Anda memilih untuk patuh menuruti firman-Nya :
"Jawab Yesus : Jika seseorang mengasihi AKU, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia" (Yohanes 14:23).

Ke-dua, pastikan Anda mengasihi sesama, baik itu saudara seiman maupun bahkan musuh kita :

Jikalau seorang berkata : "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah yang tidak dilihatnya."(1 Yohanes 4:20).

Ke-tiga, pastikan Anda suka memberi :

"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga IA telah memberikan anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." (Yohanes 3:16).

Karena TUHAN mengasihi, DIA memberi ! Bukti dari mengasihi adalah dengan memberi.

"Seseorang dapat memberi tanpa mengasihi,tetapi tidak seorang pun dapat mengasihi tanpa memberi"

Bukti dari seseorang mengasihi Allah adalah jika orang tersebut suka memberi. Kitab Amsal berkata bahwa "Orang benar memberi tanpa batas". Seperti kita ketahui Warren Buffet adalah salah satu orang terkaya di dunia ; Namun barangkali tidak banyak yang mengetahui bahwa ia adalah putera seorang pendeta dan bahwa ia hidup dari 1% penghasilannya sementara 99% nya ia berikan sebagai amal. Salah satu ungkapan yang terkenal adalah :

"Menjadi kaya bukanlah tentang seberapa banyak yang Anda nda miliki, melainkan seberapa banyak yang Anda beri "

PILIHAN ke-3 yang terpenting bagi kehidupan Anda adalah : Mengasihi TUHAN.

Pro & Biz, selamat memutuskan PILIHAN !

( jacobus s.wibowo )

 

" We make a LIVING by what we GET, but We make LIFE by what we GIVE. "
-Winston Churchill-