SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN APRIL 2018 #1

05 Apr, 2018

RENCANA TUHAN ATAS ABRAHAM

Bahan Bacaan
Kejadian 12:1-3

Penjelasan Materi
Youthers, pada Minggu ini kita akan belajar dari tokoh Abraham. Dari sejak di Sekolah Minggu Gereja, mungkin sudah sangat sering kita membaca, mendengar dan meneladani kisah hidup Abraham tetapi mari kita mengingat kembali bagaimana Tuhan memiliki rancangan atas hidup Abraham yang membawanya kepada suatu janji Ilahi yang akhirnya tergenapi. Mari kita perhatikan dua point penting yang dapat kita teladani dalam sejarah hidup Abraham :

1. Tuhan memiliki rencana luar biasa atas hidup Abraham (Kej. 12:1-3)
Sejak awal Tuhan selalu merancangkan hal yang baik, hal yang indah, hal yang luar biasa dan mendatangkan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepada kita hari depan yang penuh harapan. Hal inilah yang dialami Abraham, dikatakan pada ayat 1, "..Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu." Ya, sebuah negeri yang akan ditunjukkan kepada Abraham inilah yang menjadi inisiatif awal Tuhan yang membawa Abraham kepada rancangan luar biasa dengan dampak besar yang berpengaruh sampai ke seluruh bangsa di muka bumi. Jadi harus kita ingat Youthers, bahwa Tuhan tidak pernah mendatangkan rancangan buruk dan mereka-rekakan hal jahat kepada kita. Rancangan awal Tuhan selalu baik adanya dan jika kita bisa meresponi setiap tantangan yang ada, Tuhan akan menggiring kita pada penggenapan janjiNya yang luar biasa dalam hidup kita.

2. Berani Ambil Resiko
"Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya...." Di Ayat 4 kita bisa melihat tindakan iman yang Abraham lakukan, yaitu pergi ke tempat yang Tuhan perintahkan. Ini adalah sebuah tindakan iman yang patut kita contoh. Abraham berani mengambil resiko untuk pergi ke suatu tempat yang belum ia ketahui. Abraham memang tidak tahu tempat yang Tuhan maksud, tetapi Abraham tahu bahwa ia harus taat pada perintah Tuhan. Begitu pula dengan kita Youthers, seberapa sering kita takut melangkah, merasa kuatir, tidak percaya, ragu dan berkompromi terus-menerus atas suatu perintah Tuhan dalam hidup kita? Seharusnya kita meneladani Abraham, yang mau ambil resiko untuk melangkah sekalipun ia tidak tahu. Wajar mungkin kita kuatir apa yang akan terjadi ke depan, tetapi ketika Tuhan sudah jelas-jelas memerintahkan melalui firmanNya, maka bagian kita hanya percaya, melakukan dan berani ambil resiko sekalipun kita tak paham apa maksud Tuhan.
Bahan Diskusi:

1. Sepanjang hidup Anda sampai saat ini, apa rencana luar biasa Tuhan yang sudah tergenapi?
2. Apakah kita tipe orang yang mau ambil resiko atas perintah yang Tuhan berikan sekalipun Anda tidak pahami?