SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN APRIL 2018 #2

05 Apr, 2018

KEJATUHAN ORANG BESAR

Bahan Bacaan
Kejadian 12:10-12

Penjelasan Materi
Youthers, pada Minggu lalu kita sudah membahas bersama bagaimana Tuhan memiliki rencana yang luar biasa atas Abraham dan dengan langkah iman, ia mengambil segala resiko untuk tetap taat pada panggilan Tuhan meskipun ia tidak tahu. Pada Minggu ini, kita akan kembali belajar dari kisah hidup Abraham, yaitu ketika godaan mulai menghampiri dan membuatnya jatuh sehingga hampir saja menggagalkan rencana yang sudah Tuhan rancangkan atas hidupnya.

Youthers, setiap kita pasti pernah jatuh dalam godaan dosa, pernah tidak kuat menghadapi berbagai macam rayuan dan tipuan dunia, pernah terbuai oleh materi dan kenyamanan hidup, pernah berada diposisi aman yang membuat kita terlena sampai lupa pada Tuhan. Fatalnya, kitapun mengambil langkah dan keputusan yang hanya menguntungkan bagi diri kita sekalipun itu bertentangan dengan Firman Tuhan. Ya, kondisi seperti yang dialami Abraham. Dalam Kej.12:10-12, dikisahkan saat bencana kelaparan menimpa negerinya, Abraham memutuskan untuk mengajak istrinya, Sara, pergi ke Mesir untuk tinggal di situ sebagai orang asing. Agar memperoleh kemudahan-kemudahan, ia sampai berdusta perihal jati diri Sara dengan menyuruhnya demikian "Katakanlah, bahwa engkau adikku, supaya aku diperlakukan mereka dengan baik karena engkau, dan aku dibiarkan hidup oleh sebab engkau." (ayat 13). Ya, Abraham meminta Sara agar mengaku sebagai adiknya dan bukan isterinya. Kebohongan Abraham ini membuat Firaun hendak mengambil Sara sebagai isterinya oleh karena kecantikan Sara yang begitu ia kagumi. Namun saat itu pula Tuhan turun tangan dan langsung menggagalkan rencana Firaun dengan mendatangkan tulah atasnya. Tuhan memberi tulah tersebut untuk menunjukkan tidak ada rencanaNya yang gagal.

Youthers, dari kisah ini kita dapat belajar bahwasannya kita bisa saja jatuh karena kebodohan kita sendiri. Godaan akan selalu datang setelah kemenangan demi kemenangan kita raih. Maka dari itu jangan kita lalai dan melupakan Tuhan. Sertai Tuhan senantiasa dalam pergumulan dan setiap pengambilan putusan kita. Jangan jadikan kebohongan sebagai senjata utama kita untuk berlindung dari keadaan yang sukar. Ingat Youthers, bahwa kebohongan adalah tanda kita tidak percaya pada Tuhan.

Bahan Diskusi
1. Hal apa saja yang pernah membuat Anda jatuh dalam dosa? Godaan seperti apa yang membuat anda sulit bertahan untuk memegang teguh Firman Tuhan?
2. Bagaimana menurut Anda agar kita tidak jatuh dalam dosa?