SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN APRIL 2018 #3

05 Apr, 2018

MEMPERCAYAI TUHAN SEUMUR HIDUP

Bahan Bacaan
Kejadian 15:2-4

Penjelasan Materi
Youthers, pernahkah kita ragu terhadap janji Tuhan? Pernahkah kita merasa Tuhan terlalu lama menjawab doa kita, sehingga kita mulai kuatir dan lebih memilih menyelesaikan pergumulan kita dengan cara kita sendiri dan bergantung pada pertolongan orang lain? Atau pernahkah kita mencoba percaya bahwa janji Tuhan pasti tergenapi, kita terus berdoa dan menunggu, namun Hari berganti Hari, Minggu berganti Minggu sampai Tahun berganti Tahun tak ada tanda-tanda jawaban Tuhan, sehingga akhirnya kita kecewa dan berhenti berdoa? Youthers, jika pengalaman di atas pernah kita alami sedang kita alami atau bahkan kelak kita alami, perhatikan baik bahwa serumit apapun prosesnya, sepanjang apapun waktunya, sehancur-hancur rasa hati kita, percayalah Tuhan pasti akan menepati janjiNya.

Permasalahannya adalah, kita tidak bisa memaksakan waktu Tuhan untuk menggenapi janjiNya berdasarkan waktu kita. Youthers, pahamilah bahwa Tuhan punya acara sendiri untuk melakukan bagianNya, yang tidak akan pernah terselami dengan daya pikir kita. Mari kita belajar kembali dari kisah Abraham, dalam Kej 12:12 dikatakan bahwa Tuhan akan membuat Abraham menjadi bangsa yang besar, membuat namanya mahsyur dan menjadikan ia berkat bahkan semua kaum di muka bumi juga akan mendapat berkat yang sama oleh karena Abraham. Itu adalah janji yang sangat indah dan janji yang pada akhirnya Tuhan tepati karena Tuhan telah membuat keturunan Abraham begitu banyak seperti bintang di langit (Kej 15:15). Mengapa janji Tuhan menjadi nyata atas Abraham? Karena Abraham menaruh sikap percaya pada Tuhan seumur hidupnya. Kepercayaan Abraham pada janji Tuhan tidak setengah-setengah, melainkan total!

Youthers, kalau kita punya masalah dalam hal mempercayai Tuhan, ketahuilah bahwa kita tidak mungkin mempercayai orang yang kita tidak kenal. Jadi kita harus kenal terlebih dahulu agar kita bisa percaya. Itulah kunci untuk bisa sepenuhnya mempercayai Tuhan. Untuk itu cara agar kita bisa mengenal Tuhan adalah dengan membangun hubungan pribadi dalam doa, pujian dan penyembahan serta dengan membaca FirmanNya, FirmanNya akan membuat kita mengenal Tuhan lebih jauh. Youthers, maukah kita menaruh percaya penuh dan tidak meragukan sedikit pun rencana Tuhan atas hidup kita?

Bahan Diskusi
1. Menurut Anda, apa yang membuat manusia tidak percaya/ragu pada rencana Tuhan atas hidupnya?
2. Apa saja jani Tuhan yang telah digenapi atas hdiup Anda sampai saat ini?
3. Pernahkah Anda ragu pada rencana Tuhan? Ceritakan pengalaman Anda?