SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN FEBRUARI 2018 #3

03 Feb, 2018

MENGHADAPI MASALAH DALAM KELUARGA KITA

Bahan Bacaan
1 Yohanes 4:7-8 4:7 Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. 4:8 Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih

Penjelasan Materi
Youthers, setiap keluarga pasti memiliki masalah intern. Misalnya saja perdebatan antara orangtua dan anak, perselisihan kakak dan adik, komunikasi yang tidak lancar sehingga seringkali timbul salah paham. Terkadang konflik-konflik seperti ini baik untuk anggota keluarga karena dapat semakin menguatkan ikatan dalam keluarga apabila segera diatasi dan menjadi pembelajaran untuk ke depannya. Tetapi Youthers, jika masalah-masalah sederhana di atas tidak diselesaikan dengan benar dan dibiarkan berlarut-larut, maka bisa saja berujung dengan permusuhan jangka panjang yang tak kunjung menemukan solusi untuk mengatasinya.

Apalagi jika suatu keluarga mengalami masalah besar seperti kekerasan dalam rumah tangga, kesulitan ekonomi, anak melawan orangtua, tidak ada rasa saling menghargai antar anggota keluarga, orangtua yang tidak memberi teladan, orangtua yang otoriter bahkan sampai masalah perbedaan agama antara Suami dan Istri atau antara orangtua dan anak. Youthers, tentunya keadaan seperti ini membuat anggota keluarga tidak nyaman ada dalam rumah, karena tidak ada kasih, tidak ada damai sejahtera, hanya ada kondisi yang saling menyalahkan. Berkat Tuhan pun menjadi tertahan jika suatu keluarga penuh dengan keributan.

Jika sudah begini, seringkali anak yang menjadi korban. Ada 2 kemungkinan, menjadi pribadi yang tertutup, minder dan pemurung atau mejadi pribadi yang hiperaktif, reaktif, dan jatuh dalam petgaulan buruk.. Youthers, apakah kita pernah menemukan masalah keluarga seperti ini dalam kehidupan teman-teman kita atau justru kita sendiri yang sedang mengalaminya?

Idealnya, keluarga adalah sumber kebahagiaan dan kekuatan serta pertolongan dalam hidup kita di dunia ini. Itu sebabnya setiap kita menginginkan supaya kelurga kita bahagia, penuh damai sejahtera, rukun dan harmonis, tetapi jika realitanya keluarga kita sedang bermasalah jangan cepat-cepat meraa terpuruk, stress, frustasi apalagi sampai melakukakan hal-hal yang bertentangan dengan Firman Tuhan sebagai pelarian, tetapi lakukanlah hal berikut ini:
1. Berdoalah. Minta hikmat, ketenangan dan kekuatan TUhan untuk menghadapi setiap masalah dalam keluarga
2. Komunikasikan dengan baik apa yang menjadi ganjalan dengan anggota keluarga. Jangan memendam dan menumpuk masalah terlalu lama, tetapi belajarlah terbuka dan utarakan masalah yang ada untuk mencari solusi.

Youthers, apapun bentuk masalah keluarga yang kita hadapi selalu kenakanlah kasih dalam setiap penyelesaiannya.

Bahan Diskusi
1. Data secara ringkas, masalah apa saja yang sering kamu temui yang berkaitan dengan keluarga
2. Ceritakan masalah keluarga apa yang sedang kamu hadapi?
3. Bagaimana kamu dan keluarga mu menyelesaikan setiap masalah yang terjadi?