SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN MARET 2018 #1

08 Mar, 2018

MENJADI MURID KRISTUS

Bahan Bacaan
Matius 16:24, "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku." 

Penjelasan Materi
Youthers, tentunya kita pernah menjadi seorang murid ketika kita duduk di bangku SD, SMP maupun SMA atau mungkin saat ini kita masih berstatus sebagai seorang pelajar. Tentunya ketika setiap hari pergi ke sekolah, kita siap untuk menerima setiap materi pelajaran dari Guru dan menerima setiap pengajaran yang diberikan. Tugas-tugas yang dibawa ke rumah, presentasi di depan kelas, ulangan harian/mingguan sampai ujian kenaikan kelas, kita harus melalui semua proses itu sebagai seorang murid. Ya ituah gambaran seorang murid sekolah. Tetapi kita berbeda dari sekedar murid di sekolah. Kita adalah murid Kristus.

Murid adalah seorang yang mau belajar dan bersedia diajar. Sebagai orang percaya, kita dipanggil untuk menjadi murid Kristus yang sejati. Jadi Youthers, kita haruslah menjadi orang-orang yang mau diajar dan belajar tentang kebenaran firman Tuhan dan mau mengikut serta mengabdikan diri kepada Tuhan. Jika sebagai murid Kristus kita tidak mau dibentuk sesuai Firman, tidak mau diajar tentang hidup benar sesuai ajaran kekeristenan dan menolak setiap pembentukan dari Tuhan, maka kita bukanlah murid yang sesungguhnya. Murid identik selalu bersama dengan gurunya juga selalu mau dengar apa yang disampaikan gurunya, untuk itu sebagai murid Kristus sudah seharusnya kita berjalan bersama Tuhan sebagai Guru Sejati melalui FirmanNya yang kita baca, renungkan dan lakukan setiap harinya.

Mari kita lihat apa yang Alkitab katakan untuk menjadi seorang murid Kristus dalam Matius 16:24, "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku."  Ya, syarat sebagai murid yaitu "menyangkal diri", "memikul salib" dan "mengikut". Artinya, kita minta untuk dapat menaklukan diri kita sendiri untuk bisa mengesampingkan urusan pribadi kita dan menempatkan kehendak Tuhan pada prioritas yang utama, bersedia untuk menanggung segala kondisi bersama dengan Tuhan sekalipun prosesnya tidak mudah dan mengikutNya dengan sepenuh hati.

Youthers, menjadi murid yang sejati memang tidak lah mudah, karena dibutuhkan komitmen sungguh dan integritas yang kuat dalam melaksanakan kehendaknya. Sudahkah kita melakukannya?
Bahan Diskusi:
1. Apakah ketiga syarat menjadi murid Kristus sudah kita terapkan dalam diri kita?
2. Apa tantangan terbesar kita untuk mengikut Yesus dan menaati FirmanNya?