YUK RASAKAN, MANFAAT HATI YANG DIPENUHI ROH KUDUS

21 Apr, 2019

"Apakah hati kita sudah dipenuhi Roh Kudus?"
Jika hati dipenuhi Roh Kudus, bukan saja kita bisa berbahasa Roh, tetapi juga hidup kudus. Kuat menghadapi tantangan iman, dalam segala keadaan menjaga kekudusan dan tak kenal lelah melakukan kebenaran Firman Tuhan. Tidak takut dibilang sok suci, berani berbeda dengan anak-anak dunia dan penuh hikmat memberikan teladan hidup kudus ditengah-tengah dunia yang penuh akal bulus.

Rasakanlah, hidup yang dipimpin oleh Roh Kudus (Roma 8:14), hidup dalam keberanian melawan dosa (Roma 8:15), karena Roh Kudus telah mengakui kita sebagai anak-anak Allah (Roma 8:16). Kita bisa melawan keinginan-keinginan daging seperti percabulan, kemunafikan, iri hati dan sikap mementingkan diri sendiri. Selanjutnya, ada rasa tidak damai ketika kita berbuat jahat karena hidup dipimpin oleh Roh Kudus. Ada hati yang hancur ketika melakukan dosa (Mazmur 51:19).

Ketika kita nyaman berbuat dosa, pertanda hati tidak lagi dipimpin oleh Roh Kudus. Bukannya Roh Kudus tidak mau memimpin hati kita, kita sendiri yang memilih untuk tidak dipimpin. Perbuatan daging terus diisi, lupa dengan Tuhan dan akhirnya bertindak sesuka hati. Berbanding terbalik jika kita dipimpin oleh Roh Kudus: tak ada rasa takut untuk menderita bagi Kristus (Roma 8:16, Filipi 1:29). Artinya mau menghadapi risiko apapun ketika mengikut Yesus. Misal risiko ditolak dari pekerjaan, ditolak keluarga atau harus meninggalkan kekasih yang berbeda keyakinan.

Kita pun berani menghadapi tantangan apapun demi mengikut Yesus. Tak lagi takut bahaya karena dalam bahaya sekalipun Tuhan ada bersama-sama dengan kita. Tidak takut dengan kesulitan hidup, karena kesulitan kita hari ini tidak sebanding dengan kehidupan kita nanti bersama Kristus di surga. Orang yang hidup dipimpin Roh Kudus juga tidak sibuk mengejar hal-hal dunia melulu, tetapi ia juga mengejar karunia Roh (1 Korintus 14:1). Karunia Roh untuk bernubuat misalnya agar orang lain dapat dibantu oleh nubuatan kita, semuanya untuk kemuliaan nama Tuhan (1 Korintus 14:12). Kamu sudah mengetahui manfaat hati yang dipenuhi Roh Kudus, tinggal praktek. It's up to you, mau hidup dipimpin Roh Kudus atau tidak?